Yuk Mengenal Kaka si Badak Jawa Bercula Satu yang Jadi Maskot Asian Games 2018  

TrubusLife
Ihsan Maulana | Followers 0
07 Mei 2018   20:30

Komentar
Yuk Mengenal Kaka si Badak Jawa Bercula Satu yang Jadi Maskot Asian Games 2018  

Badak Jawa sebagai Maskot (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Perhelatan salah satu pesta olahraga terbesar di dunia yaitu Asian Games 2018 akan segera dimulai di Indonesia beberapa minggu lagi. Eitss, tapi Trubus Mania sudah kenal belum dengan para maskotnya yang imut-imut nih, ada Bhin-bhin si Cendrawasih, Atung si Rusa Bawean, dan Kaka sang Badak Jawa Bercula Satu.

Ngomong - ngomong soal kaka si badak jawa nih, ternyata dipilihnya kaka bukan tanpa alasan lho.

Sebagaimana kita ketahui, badak jawa (Rhinoceros shondaicus) ini merupakan salah satu jenis satwa yang bertubuh kuat dan terkesan eksotik.

Dengan itu, maka Kaka disini melambangkan suatu kekuatan besar dan nilai eksotisnya juga ditambah dari pakaian yang dikenakannya yaitu pakaian tradisional, dengan motif bunga khas Palembang.

Sembari tersenyum dan mengangkat satu tangannya, Kaka digambarkan begitu hangat menyapa dan ramah kepada setiap kontingen negara yang datang.

Dalam masa hidupnya, seekor badak jawa bisa tumbuh mencapai tinggi hingga empat meter, dan berbobot lebih dari dua ton. Badak pejantan memiliki satu cula yang tumbuh setinggi 20 sentimeter, sementara badak jawa betina tidak bercula.

Namun, bila melihat keadaan badak jawa di alam saat ini, populasi mereka makin terancam. Jumlah mereka di Taman Nasional Ujung Kulon juga diprediksi hanya tersisa 58 hingga 68 ekor saja. Tidak heran jika badak jawa merupakan salah hewan paling dilindungi di Indonesia dan dunia. [KW]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Kantong Teh Celup Bisa Memicu Sel Kanker?

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: