Wah, Planet Mars Berpotensi Turun Salju Loh

TrubusLife
| Followers 0
24 Agu 2017   20:30

Komentar
Wah, Planet Mars Berpotensi Turun Salju Loh

Planet Mars cukup dingin untuk salju karena memiliki jumlah es yang bervariasi secara signifikan dari waktu ke waktu. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Terkait rencana manusia pindah ke Planet Mars di masa mendatang, ada banyak peneliti yang mempelajari cuaca di sana. Hasilnya, planet tersebut memiliki fluktuasi iklim yang sangat berangin dan berpotensi turun salju.

Planet Mars cukup dingin untuk salju karena memiliki jumlah es yang bervariasi secara signifikan dari waktu ke waktu. Saat ini, Planet Mars memiliki kemiringan aksial 25 derajat, hampir sama dengan bumi yaitu 23 derajat.

Bedanya, Planet Mars tidak memiliki bulan besar yang menstabilkan porosnya. Hal ini menyebabkan lapisan es di kutub kemungkinan menyebar. Planet Mars punya tekanan rendah dan sangat kering. Awan masih akan terbentuk pada ketinggian beberapa kilometer, dan hujan salju diyakini berpotensi turun.

Jarak awan yang hanya beberapa kilometer membuat salju yang turun kemungkinan berkecepatan satu sentimeter per detik. Kecepatan itu membuat salju akan kembali menguap sebelum mencapai tanah secara keseluruhan.

Sebuah studi dalam Nature Geoscience menemukan cara untuk membuat salju turun ke tanah tanpa lapisan karbon dioksida yang membuatnya cepat menguap. Jika hal ini dapat diaplikasikan pada salju yang ada di Planet Mars, kemungkinan salju yang ada di sana akan sama dengan di bumi.

Hanya saja, para ahli belum mengamati proses turunnya salju hingga mencapai tanah di Planet Mars. Walau begitu, mereka telah melihatnya jatuh menembus langit. [WO]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: