Tren Minum Air Garam untuk Kesehatan, Ini Kata Para Ahli

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Juni 2018   11:00

Komentar
Tren Minum Air Garam untuk Kesehatan, Ini Kata Para Ahli

Pink salt yang bersumber dari pegunungan Himalaya atau dikenal juga dengan Himalayan salt. (Foto: Noor Asia)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, tren minum air garam teratur diklaim bisa bikin tubuh sehat. Namun, benarkah demikian? Dilansir dari Independent, ahli kesehatan tengah menyoroti tren tersebut. Beberapa ahli setuju, namun ada juga yang menampiknya.

Ahli kesehatan yang setuju dengan tren ini menganggap bahwa mengonsumsi air garam bisa membersihkan tubuh dari racun atau sebagai proses detoksifikasi serta meningkatkan energi.

Pendiri Practical Nontoxic Living, Sophia Gushee, sudah menguji tren kesehatan ini. Ia mengonsumsi larutan air garam selama seminggu dan mengaku merasakan kulitnya menjadi lebih bersih, kualitas tidur meningkat dan tubuhnya lebih bugar.

Baca Lainnya: Kampanye Air Minum, Peneliti Bikin Aplikasi Android

Tapi di sisi lain, ada ahli gizi Harley Street, Rhiannon Lambert, yang tidak yakin dengan manfaat dari tren ini. Apalagi dalam hal membersihkan racun dalam tubuh.

"Seringkali kita dibingungkan oleh tren baru yang dilihat di internet. Tampaknya harus membuat kita lebih berhati-hati," kata Rhiannon.

Lebih lanjut ia menjabarkan pengetahuannya seputar garam yang dikonsumsi.

"Penelitian menunjukkan bahwa garam dalam jumlah sedang dapat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Namun, terlalu banyak garam tentu saja dapat menyebabkan tekanan darah tinggi," bebernya.

Baca Lainnya: Bukan Cacingan, Ini Dia Penyebab Cepat Lapar

Rhiannon juga menegaskan, manusia secara alami membutuhkan asupan garam. Beberapa penelitian yang menunjukkan konsumsi air garam bisa bermanfaat, malah menimbulkan masalah pencernaan.

"Penting untuk diketahui bahwa, semua manfaat kesehatan berasal dari bahan utamanya, yakni air!" tegasnya.

Ia melanjutkan,"Ada sesuatu yang harus Anda ketahui tentang detoksifikasi. Beberapa bahan tambahan yang diklaim bisa menguras racun, kebanyakan adalah penipuan. Ini adalah konsep pseudoscientific yang dirancang untuk menjual barang-barang."

Sementara itu, Wellness Mama menyatakan tidak semua jenis garam baik untuk tubuh. Hanya garam alami yang bisa memberikan manfaat. Misalnya pink salt yang bersumber dari pegunungan Himalaya atau dikenal juga dengan Himalayan salt.0

Baca Lainnya: Gangguan Pencernaan, Konsumsi Mangga Solusinya

Ahli nutrisi Frida Harju-Westman juga berkeyakinan jika hanya garam alami yang bisa memberikan dampak positif. Bahkan, garam alami bisa bersifat antihistamin atau obat alergi bagi pengidap hayfever. Namun, peningkatan asupan garam yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi.

"Untuk menghindari ini, pastikan Anda tidak minum lebih dari satu gelas air garam per hari dan pastikan juga untuk minum lebih banyak lagi air," sarannya.

Nah, Trubus Mania, selalu mengecek terlebih dahulu setiap tren kesehatan yang sedang booming, ya. Untuk tahu apakah tren tersebut aman dan cocok dengan kondisi tubuh kita. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: