Bunga anggrek. (Foto: Pixabay/ annca)
Plant & Nature

Teknik Khusus Mengendalikan Penyakit Bunga Anggrek

By Diah F
Mar 14, 2018

Trubus.id -- Pengendalian penyakit pada bunga anggrek perlu dilakukan dengan teknik khusus. Ya, waktu penyemprotan pestisida pada bunga anggrek dilakukan pada jangka waktu tertentu. Beberapa jenis penyakit yang menyerang bunga anggrek, yaitu penyakit buluk, bercak coklat, dan busuk akar.

Penyakit buluk umumnya terdapat pada media tanam persemaian. Hal ini menyebabkan biji anggrek tidak mampu berkecambah dan persemaian menjadi gagal. Jika diserang penyakit, kecambah yang telah tumbuh tentu akan layu atau mati.

Penyakit buluk dapat dikendalikan dengan mengeluarkan media dari botol. Setelah itu, botol ditutup kembali dengan steril. Jika kecambah anggrek sudah tumbuh besar, sebaiknya segera dikeluarkan dari botol dan dicuci dengan fungisida lalu ditanam di dalam pot.

Baca Lainnya: Anggrek Kimilsungia, Jejak Persahabatan Korea Utara dan Indonesia

Penyakit bercak cokelat pada bunga anggrek termasuk penyakit ganas, dapat mematikan dan cepat menular. Umumnya, penyakit ini muncul ketika cuaca sangat lembab, menyerang melalui daun basah atau bekas luka pada daun. Penyakit ini dapat menular jika daun tanaman sakit dan daun tanaman sehat bersentuhan.

Ciri dari penyakit ini ialah bercak kecil benih pada pucuk daun yang meluas ke seluruh bagian. Begitu juga daun kecambah yang jadi rusak dan mati. Umumnya, penyakit bercak cokelat sulit dikendalikan, kecuali dengan memusnahkan seluruh kecambah bunga anggrek.

Baca Lainnya: Ini Tips Bagi Pemula yang Ingin Budidaya Anggrek

Penyakit busuk akar pada bunga anggrek disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani. Penyakit ini memiliki ciri akar leher yang membusuk hingga rhizome dan umbi batang. Selain itu, daun dan umbi batang menguning, berkeriput, tipis, dan bengkok, serta tanaman kerdil dan tidak sehat.

Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan memotong dan membuang seluruh bagian tanaman yang sakit. Kemudian bekasnya disemprot dengan fungisida. Bagaimana Trubus Mania, tidak susah kan? [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration