Studi Terbaru, Ribuan Sampah Plastik Ada di Kedalaman 10.898 Meter di Bawah Laut

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
15 Mei 2018   06:30

Komentar
Studi Terbaru, Ribuan Sampah Plastik Ada di Kedalaman 10.898 Meter di Bawah Laut

Sampah plastik yang ditemukan di kedalaman 10.899 meter di bawah laut. (Foto: Science Alert)

Trubus.id -- Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan JAMSTEC, The Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology, ribuan sampah plastik terdapat di bagian terdalam lautan, yakni di kedalaman 10.899 meter.

Dalam laporan itu, JAMSTEC mengatakan lebih dari sepertiga sampah yang ditemukan merupakan makroplastik, potongan plastik yang ukurannya lebih dari 5 milimiter. Untuk menunjukkan bukti terbaru dari polusi laut, ilmuwan hanya meneliti sampah yang ada di dasar laut, bukan yang mengambang.

Baca Lainnya: Penyelam Asal Inggris Temukan Sampah Plastik Berserakan di Laut Bali

“Dasar laut menjadi tujuan akhir bagi sampah yang mengapung. Lokasi yanng jauh dari daerah pesisir yang dihuni manusia. Artinya, sebagian besar puing plastik dikirimkan ke seluruh air di laut lepas,” kata peneliti kepada The Independent.

Selain itu, peneliti juga menemukan 600 kepingan sampah di sekitar organisme laut terdalam. Bukti bahwa polusi sampah di lautan telah mengganggu kehidupan makhluk di laut. Itulah kenapa, peneliti menyerukan peraturan tentang produksi plastik sekali pakai agar masalah tidak menjadi lebih buruk. [DF]
 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: