Siti Nurbaya: Pengelolaan Limbah Medis di Indonesia Memprihatinkan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
14 Juni 2018   10:00

Komentar
Siti Nurbaya: Pengelolaan Limbah Medis di Indonesia Memprihatinkan

Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: YouTube)

Trubus.id -- Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan dan Kehutanan mengatakan bahwa pengelolaan limbah medis di kabupaten atau kota seluruh Indonesia cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, ia meminta semua pemerintah daerah mengawasi pengelolaan limbah medis di wilayahnya.

Saat ini, ada banyak pusat kesehatan di Indonesia. Namun, tidak sebanding dengan jumlah perusahaan pengelolaan limbah medis.

"Ini sudah darurat dan penanganannya agak khusus. Kita tahu, dari satu jenis saja, limbah medis ini sangat berbahaya. Ada yang bekas diabetes, HIV, dan penyakit lainnya," kata Siti, usai melakukan pengecekan sampah mudik di rest area kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (13/6).

Baca Lainnya: Setiap Hari, Limbah Medis Capai 366 Ton dari 2.813 Rumah Sakit

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah meminta empat perusahaan produsen semen yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Holcim Indonesia Tbk, PT Semen Padang, dan PT Cemindo Gemilang untuk membantu melakukan pemusnahan limbah medis selama tahun 2018. Itu dilakukan karena dinilai bisa membantu pemkab atau pemkot melakukan sosialisasi ke rumah sakit untuk melakukan pengelolaan limbah medis yang baik.

"Saya meminta pemda dan rumah sakit untuk berhubungan langsung dengan perusahaan itu. Ingin saya, pemusnahan ini gratis. Pihak rumah sakit tinggal membayar jasa transportnya saja," jelasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Kantong Teh Celup Bisa Memicu Sel Kanker?

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: