Setelah Diinvestigasi, Ada Buah Kuini Beracun di Perut Bunta

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
14 Juni 2018   17:00

Komentar
Setelah Diinvestigasi, Ada Buah Kuini Beracun di Perut Bunta

Bunta ditemukan mati di area Conversation Respon Unit (CRU) Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (9/6). (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sabtu (9/6) kemarin, Bunta, gajah yang pernah meyambut Leonardo DiCaprio saat aktor Hollywood itu berkunjung ke Aceh beberapa waktu lalu, ditemukan mati di area Conversation Respon Unit (CRU) Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur.

Tidak menunggu lama, tim dokter dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh dan tim identifikasi Polres Aceh Timur melakukan investigasi. Hasilnya mengejutkan, Bunta mati karena diracun.

Bunta dan Leonardo DiCaprio (Foto: Instagram/ @leonardodicaprio).

"Sudah dilakukan pengambilan sampel jantung, limpa, usus, ginjal. Hasil pemeriksaan di Puslabfor Medan, ditemukan buah kuini beracun di dalam usus gajah tersebut," kata Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rabu (13/6).

Menurut Siti, buah kuini juga ditemukan di sekitar bangkai Bunta. Diduga, para pemburu menaruh racun di buah kuini untuk memancing gajah tersebut, sebelum mengambil gadingnya.

Perlu Trubus Mania ketahui, Bunta adalah gajah jantan terbaik yang dimiliki BKSDA Aceh. Usia Bunta baru 27 tahun. Sebelum ditempatkan di CRU, Bunta merupakan gajah liar yang ditangkap di Desa Alue Rambe, Aceh Utara, 12 tahun lalu. Sejak dilatih BKSDA Aceh, Bunta berperan besar  dalam mengatasi konflik gajah dan manusia di Aceh Timur. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: