Enthus Susmono, dalang yang juga Bupati Tegal ini meninnggal dunia pada Senin (14/5). (Foto: Twitter)
Selebriti

Selamat Jalan Enthus Susmono, Dalang Terbaik Indonesia

By Diah
May 14, 2018

Trubus.id -- Sempat pingsan dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan lanjutan, Bupati Tegal yang juga seorang dalang terkenal, Enthus Susmono, menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (14/5) pukul 19.10 WIB.

"Telah meninggal dunia Bupati Tegal Bp. H. Enthus Soesmono pada hari ini, Senin 14 Mei 2018 pk. 19.10 wib dlm usia 52 th wib di RS. SOESELO Slawi," begitu penggalan pesan WhatsApp yang diterima Trubus.id.

Menurut Hari Nugrogo, Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi, penyebab kematian Enthus karena kadar gula darah tinggi.

“Semoga beliau husnul hotimah,” kata Hari.

Baca Lainnya: Cinta Indonesia, Amel Carla Bangga Bawakan Tarian Papua di Barcelona

Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai dalang dengan penampilan nyentrik. Berbagai penghargaan sudah diraih, salah satunya menjadi Dalang Terbaik di Indonesia pada Festival Wayang Indonesia 2005.

Ki Enthus bersama Ganjar Pranowo (Foto: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah).

Pada tahun 2005 pula, Enthus menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A dan Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines (2005). Selain berbagai penghargaan telah diterima, ratusan karyanya juga tersimpan dalam museum antara lain di Belanda, Jerman, dan New Mexico.

Baca Lainnya: Aktris Cantik Chelsea Islan Bantu Pendidikan Anak Papua

Darah seni mengalir di Enthus karena ia merupakan anak semaya wayang Soemarjadihardja, dalang wayang golek asal Tegal. Bahkan, kakek moyangnya, R.M. Singadimedja, merupakan dalang terkenal dari Bagelen pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

Ki Enthus, begitu sapaannya. Dengan segala kiprahnya yang kreatif, inovatif serta intensitas eksplorasi tinggi, tidak heran jika ia menjadi salah satu dalang terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia juga memiliki kemampuan dalam menyusun komposisi musik, baik modern maupun gamelan. Selamat jalan Ki Enthus, kami akan selalu mengenang semua karyamu. [DF]   
 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration