Selain warnanya yang putih, stroberi ini memiliki ukuran lebih besar, tekstur lebih lembut, dan rasa yang lebih manis. (Foto: Tokyo Cheapo)
Plant & Nature

Selain Berharga Fantastis, Ini Dia 6 Fakta Menarik Stroberi Putih

By Ayu Setyowati
Jun 12, 2018

Trubus.id -- Jepang belakangan ini memang terkenal dengan buah-buahan unik yang segar. Seperti buah ceri santonishiki, jeruk dekopon, ume, hingga semangka berbentuk kotak. Namun, dari semuanya, yang paling banyak menarik perhatian adalah white strawberry alias stroberi putih. Dilansir dari MSN, berikut beberapa fakta menarik tentang stroberi putih.

1. Apa Itu Stroberi Putih? 

White strawberry atau stroberi putih memiliki warna putih susu, biji merah, dan bercak merah muda. Jenis buah ini cukup beragam. White Jewel Strawberry merupakan jenis stroberi putih pertama yang muncul di pasaran.

Perbedaan stroberi putih dengan stroberi pada umumnya terletak pada warnanya. Selain warnanya yang putih, stroberi ini memiliki ukuran lebih besar, tekstur lebih lembut, dan rasa yang lebih manis. Namun, stroberi putih berbeda dengan pineberries, jenis lain dari stroberi yang juga memiliki warna merah. Setidaknya, ada 50 jenis stroberi dengan rasa berbeda, loh.

Baca Lainnya: Stroberi, Buah dengan Residu Pestisida Paling Banyak

2. Sejarah

Stroberi putih pertama kali diperkenalkan sekitar empat tahun yang lalu oleh Yasuhito Teshima di wilayah Prefektur Saga, Kyushu, Jepang. Prefektur ini terkenal sebagai penghasil buah stroberi. Lalu, Yasuhito melakukan persilangan stroberi selama beberapa tahun untuk mendapatkan stroberi berukuran besar berwarna putih.

3. Proses Pembentukan Warna Putih

Untuk menghasilkan stroberi putih, dibutuhkan lebih sedikit paparan sinar matahari dibandingkan stroberi biasa. Sinar matahari yang terbatas, membuat buah mengandung lebih sedikit antosianin, senyawa yang memberi warna merah menyala pada stroberi.

Menurut Yasuhito, hanya 10 persen stroberi yang tumbuh berubah menjadi warna putih. Proses pengembangan yang lama serta tingkat hasil yang rendah membuat buah ini lebih mahal dibandingkan stroberi biasa.

4. Rasa

Banyak orang yang berpikir bahwa stroberi putih memiliki rasa asam. Padahal sebaliknya, buah ini memiliki rasa yang lebih manis dari stroberi merah. Rasa stroberi putih cenderung seperti nanas, di mana rasa manisnya mirip seperti permen.

Foto: My Little Japan.

5. Harga

Untuk harga, stroberi putih jauh lebih mahal dibandingkan stroberi merah. Satu buah stroberi putih bisa dijual seharga US$10 (Rp141 ribu). Di Jepang, satu paket stroberi merah dengan rata-rata berat sekitar 400 gram dijual dengan harga US$6 sampai US$7, setara degan Rp84 ribu hingga Rp98,7 ribu.

Sementara itu, paket stroberi putih dibanderol dengan harga US$40 atau Rp564 ribu. Meski mahal, rupanya masih ada yang lebih mahal. Stroberi jenis Kokota, merupakan stroberi paling mahal dengan harga US$22 (Rp310 ribu) per buah.

6. Hanya Tersedia di Jepang

Karena langka dan mahal, stroberi putih hanya bisa ditemukan di Jepang. Biasanya banyak supermarket atau pertanian stroberi yang menjual stroberi putih. Banyak warga Jepang yang menanam buah ini di halaman belakang rumah mereka. [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration