Rutin Makan Jamur, Menurunkan Risiko Kanker Payudara?

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
13 Feb 2018   16:45

Komentar
Rutin Makan Jamur, Menurunkan Risiko Kanker Payudara?

Jamur kancing, Agaricus bisporus. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Penelitian yang dilakukan Perth University Australia menunjukkan bahwa, mengonsumsi jamur secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara pada perempuan.

Ya, perempuan yang mengonsumsi 10 gram jamur kancing, Agaricus bisporus per hari, mengalami penurunan risiko kanker payudara sebanyak sepertiga, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi jamur.

“Kondisi ini diperkirakan karena aktivitas linoleic acid yang berperan sebagai antiestrogen, hormon yang ditengarai memicu kanker payudara,” ucap seorang peneliti.

Baca Lainnya: Tak Hanya Lezat, Jamur Punya Potensi Mencegah Penuaan

Manfaat antikanker tidak hanya ditemukan pada jamur kancing saja, tapi juga jamur shitake (Lentinula edodes), yang diklaim memiliki berbagai kandungan untuk melawan kanker.

Lentinan dipercaya dapat memperlambat dan menghentikan pertumbuhan kanker. Selain itu, beta glucan juga diklaim dapat mengurangi efek samping kanker, tidak sekadar menghambat aktivitas pertumbuhan tumor. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Yang menarik ialah, jamur merupakan makanan yang tidak mudah kehilangan kandungan nutrisi setelah diolah. Kandungan yang tetap bertahan setelah dimasak ialah ergothioneine, antioksidan yang berperan melawan radikal bebas dan meningkatkan imunitas terhadap tubuh. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: