Rentan Salmonella, Jangan Berikan Telur Setengah Matang pada Anak

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
16 April 2018   15:00

Komentar
Rentan Salmonella, Jangan Berikan Telur Setengah Matang pada Anak

Ilustrasi (Foto: Lesoeufs )

Trubus.id -- Memberi telur secara rutin pada menu makanan anak memang baik, namun memberinya telur setengah matang kabarnya tidak dianjurkan. Ini karena telur terutama kuningnya bisa membawa bakteri Salmonella, loh. Satu-satunya cara untuk membunuh bakteri dalam makanan adalah dengan memasaknya hingga benar-benar matang, Trubus Mania

Dikutip dari Kitchn, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), menyatakan bahwa telur yang dimasak setengah matang tidak aman untuk dikonsumsi anak-anak. Tidak hanya anak-anak, USDA juga menyarankan agar semua orang memasak telur hingga matang, sampai bagian putih dan kuning telur mengeras. 

Baca Lainnya: Tiap Hari Pria Ini Konsumsi 70 Putih Telur, Sehatkah?

Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penyakit yang ditularkan melalui makanan seperti Salmonella. Bakteri ini rentan menyerang wanita hamil, orang tua, orang yang sakit, dan tentunya anak-anak.

“Saya tahu telur setengah matang tengah menjadi tren dan memiliki rasa yang lezat, tapi hindari memberikan telur setengah matang kepada anak-anak. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, anak-anak di bawah usia 5 tahun memiliki risiko terserang salmonella lebih tinggi daripada kelompok usia lainnya. Terutama untuk bayi, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang," ungkap Sally Kuzemchak, ahli diet dari Real Mom Nutrition.

Telur setengah matang umumnya disukai anak-anak karena teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah.

Baca Lainnya: Ini 5 Jenis Makanan Andalan Orang Jepang untuk Atasi Flu

"Tapi tak perlu bingung, Anda bisa memperkenalkan olahan telur yang lain kepada anak-anak," ungkap Meghan selaku Associate Food Editor. Menurutnya telur goreng cukup baik untuk anak-anak berusia di atas 3 tahun, sementara telur rebus yang dihaluskan cocok untuk bayi dan balita.

Setelah usia 5 tahun, risiko ini mulai menurun karena anak-anak secara alami mulai membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Pada masa ini, Sally merekomendasikan untuk mencari telur yang telah dipasteurisasi, yaitu telur yang telah dipanaskan untuk mengurangi kemungkinan adanya bakteri salmonella. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Coba Yuk, 3 Ramuan Lemon untuk Ketombe

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

5 Alasan Mengapa Serat Baik untuk Tubuh

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan: