Rencana KLHK Memasukkan Sampah dalam Pengendalian Mudik 2019

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
14 Juni 2018   16:00

Komentar
Rencana KLHK Memasukkan Sampah dalam Pengendalian Mudik 2019

Ilustrasi pengguna mobil membuang sampah sembarangan. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Saat memantau sampah pemudik di Rest Area km 57 tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6) kemarin, Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berencana untuk memasukkan masalah sampah dalam paket pengendalian mudik Lebaran 2019 mendatang.

"Sepertinya, Lebaran tahun depan, bisa memasukkan unsur sampah dalam paket pengendalian arus mudik dan balik," kata Siti di Karawang, Rabu (13/6).

Untuk membahas hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan mengundang sejumlah pihak. Namun, saat ditanya kenapa tidak memasukkan sampah dalam agenda mudik 2018, ia menjawab, "Saya tidak mau mempersulit kepolisian dan pihak lainnya dalam pengaturan arus mudik tahun ini. Saat ini, pengaturan arus mudik masih berkonsentrasi pada lancarnya lalu lintas dan keselamatan pemudik."

Baca Lainnya: Begini Cara Rwanda Mengatasi Sampah Elektronik

Siti mengatakan, persoalan sampah cukup rumit. Tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan pengelola rest area untuk menjaga kebersihan, termasuk menambah personel kebersihan saat musim mudik tiba.

"Pada dasarnya, biaya menjadi bertambah, misalnya untuk menambah tenaga kebersihan," katanya.

Lantaran penyiapannya yang cukup rumit, ia berharap semua pihak turut andil memperingatkan masyarakat, khususnya pengguna tol, agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Masalah sampah lebih banyak ke edukasinya kepada publik dan pengguna jalan tol. Saya meminta tolong pemudik ditegur untuk tidak membuang sampah di pinggir-pinggir jalan. Di luar jalan tol, pemda setempat yang berwenang memberi arahan," ujarnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: