Realistis, Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Mar 2018   19:15

Komentar
Realistis, Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental

Realistis, salah satu menjaga kesehatan mental (Foto: Time)

Trubus.id -- Kesehatan mental, baik di Indonesia maupun dunia, telah menjadi isu utama beberapa tahun terakhir. Namun apakah kita sudah melakukan sesuatu untuk kesehatan mental kita pribadi? 

Apa yang bisa kita lakukan dalam kehidupan pribadi kita untuk menemukan stabilitas emosi dan respons emosional kita terhadap situasi, dan mempertahankan pikiran tetap tajam saat kita semakin tua? 

Kita mungkin bisa duduk dengan cantik sekarang, di masa muda kita yang mulia, tapi bagaimana cara mencegah timbulnya masalah kesehatan mental seiring bertambahnya usia? Ternyata ada beberapa hal sederhana dan mudah yang dapat kamu lakukan hari ini yang akan membantumu tetap sehat secara mental dan fokus sepanjang hidup.

Jaga kesehatan fisik

Tubuh yang sehat tentu memengaruhi kesehatan mental. Orang dengan masalah kesehatan kronis lebih cenderung mudah menjadi korban depresi dan memiliki episode depresi yang jauh lebih lama dan lebih parah daripada orang yang sehat secara fisik. 

Dengan merawat tubuh dan berolahraga secara teratur, artinya kamu juga melepaskan endorfin ke dalam tubuh sehingga dapat memberi suasana hati lebih baik dan memberimu lebih banyak energi. Olahraga juga bisa menjadi cara sehat untuk mengatasi stres atau emosi yang kompleks.  

Baca Lainnya: Jangan Remehkan Insomnia, Pengaruhi Kesehatan Mentalmu 

Perhatikan asupan makanan

Tentang makanan yang dapat memengaruhi mood telah terbukti dalam banyak penelitian ilmiah. Jauhi kafein, makanan tinggi gula atau karbohidrat sederhana, makanan yang digoreng dan alkohol. You are what you eat. Mengonsumsi makanan sehat akan membuat tubuh terasa lebih baik dan mencegah tingginya emosi. 

Ingat bahwa pikiran dan tubuh saling terkait. Jadi apa yang kamu berikan pada tubuhmu, itu juga yang kamu berikan untuk mentalmu. 

Dekat dengan orang-orang positif

Tidak ada yang bisa lebih melelahkan daripada berada di sekitar orang-orang negatif sepanjang waktu. Pandangan hidup kita cenderung dibentuk oleh media yang kita konsumsi dan orang-orang di sekeliling kita. 

Jika kamu ingin memiliki pandangan hidup sehat dan positif tentang kehidupan, maka kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang positif dan bersifat mendukung. Kembangkan hubungan dengan orang-orang yang optimis tentang masa depan dan bersedia keluar dari zona nyaman dan mencoba mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Optimisme, motivasi dan positif itu menular, tapi begitu juga dengan negatif, pesimisme dan sinisme. Pilihlah untuk menjadi positif dalam perasaan dan emosimu. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu hebat, bahwa kamu dapat membuat perbedaan dan bahwa kamu akan berhasil! 

Tentukan tujuan yang realistis 

Setelah kamu siap mengubah dunia, kamu bisa mulai dengan menetapkan tujuan yang kecil dan dapat dicapai. Banyak dari kita mendapatkan motivasi dan kemudian terbentur dengan  besarnya tugas yang telah kita tetapkan untuk diri kita sendiri. 

Sebagai contoh, menulis sebuah novel adalah tugas yang menakutkan bila diambil secara keseluruhan, tapi jika kamu memecahnya menjadi tiga puluh bab masing-masing dua puluh halaman dan menetapkan tujuan menulis beberapa halaman dalam sehari, maka itu tidak begitu terdengar ‘gila’. Kamu bisa menulis beberapa halaman dalam satu atau dua jam. Dengan menetapkan tujuan realistis dan harian yang kecil ini untuk diri sendiri, kamu dapat mencapai hal-hal yang mengejutkan! 

Belajar mengelola stres dengan baik 

Stres bisa melumpuhkan jika dibiarkan sendiri dan tidak ditangani secara teratur. Stres kronis telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti penyakit Alzheimer, penyakit jantung, obesitas, depresi dan diabetes. 

Kabar baiknya adalah bahwa manajemen stres dapat sangat mengurangi kesempatan untuk memperburuk kondisi tersebut dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kamu. Olahraga bisa sangat membantu stres, seperti juga yoga dan teknik meditasi.

Bagian dari manajemen stres berfokus pada membingkai ulang situasi. Dengan mengelola stres dan menjaga segala sesuatunya dalam perspektif, kamu akan bisa mengelola respons emosional dan fisik dengan lebih baik.

Jadi, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, mengelola stres secara efektif, mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif dan menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai untuk diri sendiri dapat membantumu menjaga stabilitas mental, memberi efek positif pada pandangan mental terhadap kehidupan, and keep you stay sharp, for sure
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

5 Hal Ini yang Membuat Oat Milk Kian Digemari

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          

Berat Badan Tak Juga Turun, Coba Diet Jamur

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: