Pokdarwis Bengkulu Temukan 13 Bunga Rafflesia Langka Siap Mekar

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
15 Mei 2018   10:15

Komentar
Pokdarwis Bengkulu Temukan 13 Bunga Rafflesia Langka Siap Mekar

Bunga Raflesia (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Bunga Rafflesia sp langka ditemukan di dua lokasi berbeda yakni di kawasan hutan Desa Manau XI Kabupaten Kaur, Bengkulu. Bunga langka yang ditemukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) itu siap mekar.

“Kami menemukan dua titik habitat bunga rafflesia sp dan menemukan 13 knop bunga yang siap mekar di dua titik berbeda,” ujar Ketua Pokdarwis Rafflesia, Andriyan saat dihubungi dari Bengkulu, baru-baru ini.

Andriyan mengatakan dua titik habitat tersebut menurutnya adalah spesies Rafflesia sp yang langka karena sudah sulit ditemukan.

Baca Lainnya: Kehebohan Warga Bandung Melihat Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun

Penemuan bunga langka di kawasan hutan Desa Manau terletak di Kecamatan Padang Guci Hulu yang memang terkenal banyak ditemui habitat berbagai jenis Rafflesia bengkuluensis.

“Rencananya dalam waktu dekat ini kami akan melakukan survei kedua pada habitat Rafflesia bengkuluensis," sambung Andriyan.

Hasil survei di habitat pertama yang dilakukan ditemukan satu bunga Rafflesia yang sedang mekar, tapi kondisinya tak sempurna, hal ini terjadi karena faktor cuaca.

Baca Lainnya: Geger, Bunga Langka ini Tumbuh dan Mekar di Kebun Kopi, Bagaimana Bisa?

Selain satu bunga yang sedang mekar, di lokasi tersebut juga ditemukan sembilan knop atau calon bunga rafflesia. Sembilan knop tersebut sudah masuk fase brakta dengan kata lain akan mekar dalam waktu dua hingga tiga pekan ke depan.

“Sedangkan di titik kedua, kami menemukan satu knop bunga yang gagal mekar, karena bunga sudah menghitam dan mulai membusuk, ini dikarenakan cuaca yang terlalu panas,” ungkapnya.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: