Pestisida Nabati, Pertanian Ramah Lingkungan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
18 Feb 2018   06:00

Komentar
Pestisida Nabati, Pertanian Ramah Lingkungan

Seorang petani sedang melakukan penyemprotan hama. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pertanian ramah lingkungan mengutamakan keamanan semua komponen yang ada di lingkungan ekosistem dengan menggunakan bahan relatif murah dan sederhana, tanpa meninggalkan dampak negatif.

Oleh karena itu, tidak sedikit petani menggunakan pestisida nabati, di mana bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama.

Perlu Trubus Mania ketahui, pestisida ini tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan. Bagusnya, pestidsida ini dapat dibuat dengan mudah, menggunakan bahan murah dan peralatan sederhana.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Badan Litbang Pertanian (Balitbang) Kementerian Pertanian, cara kerja pestisida nabati sangat spesifik. Yakni merusak merusak perkembangan telur, larva dan pupa; menghambat pergantian kulit; dan mengganggu komunikasi serangga.

Juga bisa menyebabkan serangga menolak makan; menghambat reproduksi serangga betina; mengurangi nafsu makan; memblokir kemampuan makan serangga; mengusir serangga, serta menghambat perkembangan patogen penyakit.

Pestisida nabati dapat diaplikasikan dengan menggunakan alat semprot (sprayer) gendong. Namun, jika tidak ada alat ini, kalian bisa menggunakan kuas untuk mengecat dinding atau merang yang diikat. Caranya, celupkan alat itu ke dalam ember berisi larutan pestida nabati dan kemudian, dikibas-kibaskan pada tanaman.

Agar penyemprotan memberikan hasil yang baik, arahkan ke bagian tanaman. Apabila sudah tersedia ambang kendali hama, sebaiknya penyemprotan dilakukan berdasarkan ketentuan tersebut. Untuk menentukan ambang kendali, perlu dilakukan pengamatan hama seteliti mungkin. Pengamatan yang tidak teliti bisa mengakibatkan hama sudah terlanjur besar. Dan, di pengamatan berikutnya, sulit dilakukan pengendalian. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: