Tulang (FOTO: Moving Without Pain)
Health & Beauty

Perempuan, Inilah 5 Cara Mencegah Osteoporosis

By Ayu Setyowati
May 07, 2018

Trubus.id -- Sementara faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin memengaruhi peluang terkena osteoporosis, ada banyak perubahan gaya hidup yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko, loh. 

Berikut diantaranya seperti dikutip The Guardian.

1. Berjalan cepat selama 10 menit, tiga kali sehari

Weight-bearing exercise alias latihan beban seperti berjalan dan berlari (jogging) membantu menjaga tulang tetap kuat. Idealnya, kamu memerlukan campuran aktivitas "kaki di atas tanah" dan ketahanan otot. Orang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu.

Tiga periode untuk masing-masing 10 menit berjalan cepat setiap hari adalah target yang baik untuk mencegah peneroposan tulang karena usia lanjut dan risiko patah tulang.

2. Jangan merokok - terutama ketika muda

Merokok berdampak pada sel-sel yang membangun tulang, terutama pada orang yang lebih muda dari 30 tahun, yang masih membangun tulang. Perokok berisiko tinggi terkena osteoporosis dan patah tulang dan berhenti merokok cenderung meningkatkan kekuatan tulang.

Baca Lainnya: Manfaat Tahu untuk Kesehatan yang Bikin Kamu Kaget

3. Jangan terlalu kurus

Tidak ada yang mengatakan bahwa kelebihan berat badan menjamin kamu bebas risiko tulang rapuh; namun semakin berat kamu, maka semakin banyak kekuatan bertumpu untuk tulang jika jatuh. Tetapi orang berbadan kecil dan berbobot rendah memiliki massa tulang total yang lebih sedikit. Akibatnya, kehilangan berat badan dalam jumlah sedikit pun dapat menyebabkan tulang patah dengan mudah.

4. Pertimbangkan vitamin D

Diet yang sehat dan seimbang harus menyediakan 700 miligram kalsium per hari yang dibutuhkan untuk membuat jaringan tulang baru. Orang yang tidak pernah memaparkan kulit mereka ke sinar matahari atau diet yang terbatas mungkin membutuhkan suplemen vitamin D.

5. Ketahui risikomu

Kamu berisiko tinggi terkena osteoporosis jika kamu berusia lanjut, perempuan, kurus atau jarang bergerak; jika kamu pernah mengalami patah tulang sebelumnya; dan jika kamu merokok, minum banyak alkohol (lebih dari 30 unit per minggu) atau minum steroid untuk kondisi seperti rheumatoid arthritis.

Baca Lainnya: Selain Dagingnya, Biji Durian Menyimpan 8 Manfaat Kesehatan

Kamu dapat melakukan penilaian risiko sendiri. Dalam beberapa kasus, pemindaian kepadatan tulang berguna. Ini dapat diatur oleh dokter, tetapi pemindaian perlu dilakukan dalam konteks risiko secara keseluruhan. Jika kamu berisiko tinggi, kamu mungkin akan disarankan untuk melakukan perawatan untuk membangun tulang, bahkan jika hasil pemindaiannya normal. [KW]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration