obat depresi, ilustrasi (Foto: Istimewa)
Health & Beauty

Peneliti Inggris Ungkap Antidepresan Dapat Sebabkan Demensia

By Binsar
Apr 27, 2018

Trubus.id -- Para Peneliti di Inggris mengungkapkan, penggunaan obat antidepresan tertentu dalam jangka panjang telah dikaitkan dengan demensia. Akan tetapi , hasil yang dipublikasi pada Kamis (26/4)  tidak dapat secara pasti menyimpulkan bahwa obat tersebut adalah penyebabnya.

Penelitian terhadap lebih dari 300.000 orang di Inggris itu menemukan, orang-orang yang didiagnosis mengidap demensia itu hampir sepertiganya kemungkinan besar pernah mengonsumsi obat antikolinergik untuk mengobati depresi dan kondisi tertentu pada kandung kemih antara empat sampai 20 tahun sebelumnya.

Baca Lainnya: 7 Cara Cegah Demensia Sejak Dini

“Yang belum kami tahu secara pasti adalah apakah obat itu penyebab demensia," ujar George Savva Peneliti yang menulis di jurnal medis BMJ dari University of East Anglia's School of Health Science. 

Ia menerangkan Kemungkinan obat-obat ini dianjurkan untuk diminum bagi gejala awal yang mengindikasikan serangan demensia.

Obat antikolinergik menghalangi impuls saraf tertentu untuk mengurangi kejang pada otot kandung kemih contohnya, dan untuk meredakan gejala depresi atau penyakit Parkinson.

Baca Lainnya: Ayo Makan Tepat Waktu, untuk Mencegah Demensia

Antidepresan antikolinergik mencakup Amitriptyline, Dosulepin dan Paroxetine, ujar peneliti yang telah membandingkan rekam medis 40.770 pasien demensia yang berusia di atas 65 tahun dengan 283.933 orang yang tidak menderita demensia.

“Lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia terkena demensia dan jumlahnya diperkirakan akan menjadi 132 juta sebelum 2050,” ujar Savva dalam sebuah pernyataan. [KW]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration