Otak Monyet Mampu Merekam Semua Hal yang Dilihatnya

TrubusLife
| Followers 0
21 Agu 2017   17:30

Komentar
Otak Monyet Mampu Merekam Semua Hal yang Dilihatnya

Monyet ingat apa yang pernah dilihat sebelumnya. (Foto: Pixabay/ pixcarraldo)

Trubus.id -- Tim peneliti University of Tokyo School Medicine menemukan bagian dari otak monyet yang mampu mengingat apa yang pernah dilihatnya. Menurut mereka, monyet dapat mengetahui apakah dirinya pernah melihat sesuatu atau tidak.

Untuk mempelajari otak monyet lebih lanjut, tim peneliti melatih monyet untuk merespon saat melihat benda yang pernah dilihat sebelumnya. Peneliti melatih monyet dengan 20 hingga 30 benda, kemudian menggunakan saklar optogenetik yang mereka ciptakan di bagian otak yang berbeda. Saklar optogenetik berguna untuk mengaktifkan neuron yang dipilih dengan menunjukkan cahaya pada mereka.

Ternyata, bagian dari otak monyet yang mampu mengingat adalah korteks perirhinal. Bagian ini membuat monyet memberi suatu isyarat pada peneliti jika dirinya tak asing lagi melihat benda yang ditunjukkan.

Seperti manusia, monyet akan memberi suatu isyarat jika melihat sesuatu yang familiar. Monyet dapat mempelajari dan mengenal suatu benda walaupun masing-masing memiliki karakteristik berbeda. [WO/DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: