Nasi Versus Kentang, Mana yang Lebih Sehat? 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Feb 2018   20:15

Komentar
Nasi Versus Kentang, Mana yang Lebih Sehat? 

Nasi Vs Kentang, Mana yang Lebih Sehat? (taste.com)

Trubus.id -- Biasanya, nasi dalam aspek kesehatan sering dibandingkan dengan gandum, jelai dan jenis-jenis sereal, sebab kentang dinilai lebih sehat oleh sebagian kalangan. Namun, perbandingan kentang dan nasi masuk akal karena kedua makanan ini merupakan makanan pokok dalam berbagai masakan. Orang Asia Tenggara dan Asia Selatan memakai banyak nasi dalam masakan mereka. Sedangkan orang Eropa dan Amerika memakai banyak kentang dalam makanan mereka.

Jadi jika Anda ingin tahu apakah mengonsumsi nasi atau kentang adalah pilihan yang sehat, kamu perlu membedah manfaat kesehatannya masing-masing. 

Mengapa nasi Sehat?

Nasi sehat karena memiliki lebih banyak protein daripada kentang. Kentang mengandung banyak karbohidrat sehat namun tidak memiliki protein sama sekali.

Nasi merah kurang menggemukkan dibanding kentang karena mengandung banyak karbohidrat berserat. Nasi dan kentang mengandung zat tepung. Tapi zat tepung pada nasi bisa dikurangi seiring berkurangnya air ketika kamu memasaknya. Kentang tetap mengandung banyak zat tepung bahkan setelah kamu merebusnya.

Nasi mengandung nutrisi penting seperti tiamin dan niasin yang meningkatkan tingkat metabolisme dan juga berkontribusi menjaga kesehatan jantungmu. Nasi sehat karena mengandung vitamin B12 yang penting untuk berfungsinya sistem saraf.

Mengapa Kentang Lebih Sehat? 

Kentang memiliki variasi nutrisi yang jauh lebih luas dibandingkan dengan nasi. Kulit kentang sangat sehat dan tidak mengandung lemak atau zat tepung sama sekali.

Kentang memiliki serat lebih banyak daripada nasi putih. Terutama kulit kentang yang sangat berserat dan penuh dengan karbohidrat sehat.

Kalium yang ada pada kentang membuat kamu terhidrasi dan sehat. Kentang juga mengandung sejumlah vitamin C mampu membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Jadi, Nasi Atau Kentang?

Baik kentang maupun nasi memiliki kalori yang hampir sama. Jadi pada dasarnya keduanya kurang lebih memang bisa menggemukkan.

Kedua makanan ini memberi kamu energi instan dan juga memiliki indeks glisemik yang sangat tinggi. Baik nasi dan kentang membuat kamu merasa kenyang namun mudah dicerna.

Jadi, untuk menyimpulkan, kamu dapat mengatakan bahwa nasi dan kentang sama-sama sehat dengan cara mereka sendiri. Perbandingannya akhirnya sampai ke bagaimana caramu mengolah bahan-bahan ini. Jadi, mana yang lebih kamu suka, nasi atau kentang? [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: