Minum Jus Buah Saat Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas Anak?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
30 Mei 2018   10:15

Komentar
Minum Jus Buah Saat Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas Anak?

Sarapan jus buah (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Banyak anak-anak yang menikmati sarapannya bukan dengan susu, melainkan jus buah. Sebuah penelitian baru mengklaim, anak-anak yang mengonsumsi jus buah dengan sarapan, 50 persen lebih mungkin alami kenaikan berat badan, ini dikarenakan kandungan gula pada jus biasanya cukup tinggi.

Para ilmuan dari Medical University of Vienne mempertanyakan pada sebanyak 652 anak berusia 13 tahun mengenai kebiasaan sarapan mereka. Sementara itu, sebagian besar jenis makanan tidak memiliki korelasi dengan berat badan mereka.

Namun, mereka yang minum jus buah lebih dari tiga kali seminggu, 50 persen lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Lainnya: Ahli Gizi: Pizza Lebih Sehat untuk Sarapan daripada Sereal

Sedangkan untuk anak-anak yang minum air putih dapat menurunkan risiko kegemukan hingga 40 persen. Dan mereka yang melewatkan sarapan sama sekali juga lebih mungkin untuk alami kelebihan berat badan karena akan tergoda untuk mengemil sepanjang pagi.

Dikutip dari Metro, jus buah mengandung gula fruktosa. Tanpa menghiraukan jenis gula yang digunakan, mengonsumsi jus buah dalam jumlah berlebihan bisa sebabkan kenaikan berat badan.

Cara terbaik untuk meningkatkan konsumsi buah sebaiknya jus hanya dihitung sebagai satu dari lima porsi harian. Jus buah tidak bisa membuat perut kenyang ltulah sebabnya mengapa para peneliti merekomendasikan untuk memberi anak buah utuh, bukan segelas jus.

Dengan begitu, mereka akan mendapatkan semua vitamin dan mineral yang ditawarkan buah yang biasanya juga ditemukan dalam daging maupun kulitnya, serta serat makanan.

Baca Lainnya: Yuk, Sarapan Pagi. Kebiasaan Ini Lebih Menyehatkan Tubuh

Kamu tak perlu menghilangkan jus sepenuhnya dari diet si kecil. Cukup batasi jumlahnya saja. Jika mereka benar-benar ingin jus jeruk untuk sarapan, kamu bisa membuatnya tanpa gula dan pilih jeruk yang memiliki rasa manis. Alternatif lain, kamu juga bisa memilih jenis buah yang rendah fruktosa seperti semangka hingga melon.

Hal yang sama juga berlaku untuk smoothie. Si kecil tidak mungkin makan dua pisang, segelas susu dan segenggam kacang serta tambahan buah beri dalam sekali makan. Dan smoothies ini bisa jadi camilan di pagi hari yang praktis.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Kantong Teh Celup Bisa Memicu Sel Kanker?

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: