Mengenal Hashimoto’s Disease yang Diidap Gigi Hadid

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Feb 2018   17:00

Komentar
Mengenal Hashimoto’s Disease yang Diidap Gigi Hadid

Gigi Hadid didiagnosa hashimoto sejak usia 17 tahun. (Foto: Theshonet)

Trubus.id -- Supermodel Gigi Hadid baru-baru ini mengungkap penyakit hashimoto yang dideritanya selama bertahun-tahun. Rahasia tersebut ia ungkap setelah mendapat kritik karena tubuhnya yang tampak terlalu kurus saat tampil di New York Fashion Week.

Ia merasa harus bicara soal tanggapan orang-orang yang merasa tubuhnya tak sesuai ‘standar kecantikan’ dalam industri modelling.

"Berhenti menyebut saya sebagai pemakai narkoba atau sedang menjalani diet ekstrem," kata Gigi.

Melalui kicauannya di Twitter, ia menegaskan jika dirinya sudah didiagnosa hashimoto saat berusia 17 tahun. Sejak saat itu, ia terus berjuang untuk membuat kadar tiroidnya seimbang, seiring dengan gejala-gejala mengganggu seperti kelelahan ekstrem, gangguan metabolisme, tidak tahan dingin, sampai berat badan yang fluktuatif.

Penyakit Hashimoto atau tiroiditis Hashimoto sendiri merupakan kelainan autoimun yang memengaruhi kelenjar tiroid. Karena beberapa alasan, tubuh dapat membentuk autoimun pada tiroid.

Ketika hal ini terjadi, sistem imun akan menyerang dan merusak kelenjar tiroid, di mana kelenjar hanya menghasilkan sedikit hormon. Kondisi ini disebut hipotiroid. Ketika kelenjar tiroid menjadi kurang aktif, komplikasi lain kemungkinan akan muncul. Nama penyakit ini diambil dari dokter asal Jepang, Hakaru Hashimoto yang menemukan penyakit ini pada tahun 1912. 

Walaupun sudah diketahui bahwa penyakit hashimoto adalah kelainan autoimun, tetapi mengenai penyebabnya masih belum jelas. Para ahli belum mengetahui penyebab pasti penyakit ini. Namun, ada teori bahwa penyakit tersebut dipicu oleh infeksi akibat patogen, seperti kuman dan virus.

Seperti yang dilakukan Gigi, pengobatan bagi pasien hashimoto ialah penambahan dosis hormon yang dapat mengatur ulang sistem metabolisme tubuh menjadi normal. Selain itu, merubah pola diet dan menghindari stres juga dapat membantu. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: