Manfaat Media Sosial Bagi Anak: Tingkatkan Kemampuan Berargumen

TrubusLife
| Followers 0
14 Sep 2017   15:30

Komentar
Manfaat Media Sosial Bagi Anak: Tingkatkan Kemampuan Berargumen

Media sosial kembangkan cara anak berargumentasi ilmiah. (Foto: Pixabay/ sasint)

Trubus.id -- Orang dewasa sering menyepelekan anak-anak yang hobi berselancar di media sosial sejak kecil. Padahal sebuah studi membuktikan, media sosial dapat menjadi alat bagi anak untuk mempelajari cara berargumen ilmiah dibanding mereka yang tidak menggunakan media sosial.

Tim peneliti dari University of Kansas, Amerika Serikat, melakukan uji coba pada 400 siswa biologi kelas sembilan untuk belajar tentang argumentasi ilmiah melalui media sosial dengan guru dan teman sekelasnya.

Mereka menulis sebuah bab untuk buku “Digital Tools and Solutions for Inquiry-Based STEM Learning”, yang menjadi bahan artikel dalam Journal of Education in Science, Environment, and Health. 

Seluruh aktivitas argumentasi ilmiah, mulai dari mengajukan pertanyaan, menganalisis dan menafsirkan data, melibatkan argumen dan bukti, membuat penjelasan, hingga mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi dilakukan melalui media sosial Twitter dan Skype dengan guru dan teman sekelas.

Penggunaan teknologi dan media sosial telah marak dikalangan siswa Amerika Serikat, maka dari itu peneliti ini memanfaatkan media sosial sebagai cara mendidik yang efektif.

Jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengikuti proyek ini, kelompok siswa yang mengikuti argumentasi ilmiah melalui media sosial terlihat lebih aktif dalam berpendapat mengeksplor kemampuan mereka.

"Media sosial tidak hanya jadi alat pengembangan profesional bagi anak, tapi juga guru," kata Craig-Hare, peneliti. [WO/DF/kw]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

5 Hal Ini yang Membuat Oat Milk Kian Digemari

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          

Berat Badan Tak Juga Turun, Coba Diet Jamur

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: