Semut (Foto: Istimewa)
Pet & Animal

Malaysia Temukan Spesies Semut Baru, Echinopla Tunku-Abduljalilii

By Karmin
May 21, 2018

Trubus.id -- Spesies semut baru ditemukan di Malaysia. Fakultas Sains dan Teknologi Terapan UTHM, Pusat Penelitian Pemanfaatan Berkelanjutan Sumber Daya Alam (CoR-SUNR), Prof Datin Dr Maryati Mohamed mengatakan spesies yang baru ditemukan ini berasal dari kelompok Echinopla.

Semut ini telah dikumpulkan dari hutan yang ditemukan di Lipur Sungai Batang Forest Reserve, dekat Labis, Mei tahun lalu.

"Ada 15 spesies dari keluarga Echinopla di Malaysia dan spesies baru ini adalah spesies ke-16 dan kedua yang ditemukan di Johor. Yang pertama, Echinopla wardi ditemukan di Kota Tinggi.

"Spesies ini berukuran panjang 5,48 milimeter dan berwarna hitam. Tubuh spesies Echinopla yang paling lain berbulu,namun  spesies Echinopla baru ini yang tanpa bulu," katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Lainnya: Dua Spesies Baru Katak Ditemukan di Sumatera

Dia mengatakan Kode Internasional Zoological Nomenclature (IZCN), sebuah badan internasional yang mengatur penamaan ilmiah spesies baru, akan mengeluarkan pernyataan untuk mengkonfirmasi nama spesies baru sebagai Echinopla Tunku-Abduljalilii.

Sampai saat ini ada sekitar 16.000 spesies semut yang secara ilmiah telah mempunyai nama. Sekitar 33 spesies milik keluarga Echinopla ditemukan di Australia, Filipina, Papua Nugini, Indonesia, India dan Malaysia. 

Sultan Johor, Sultan Ibrahim Sultan Iskandar telah setuju untuk menamai spesies semut Echinopla baru yang ditemukan oleh Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) sebagai Echinopla Tunku-Abduljalilii. [KW]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration