Lucu, Sapi-sapi di Skotlandia, Dipakaikan Bra Manusia

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
14 Mei 2018   06:00

Komentar
Lucu, Sapi-sapi di Skotlandia, Dipakaikan Bra Manusia

Pemakaian bra manusia pada induk sapi. (Foto: Doc/ BBC)

Trubus.id -- Sebuah inovasi yang menggelitik hati dilakukan seorang peternak sapi di Skotlandia. Yah, untuk menghindari meradangnya ambing sapi perahnya, peternak bernama Donald Ross itu memakaikan bra pada sapi-sapi induknya.

Lucunya yang Ross pakaikan bukan bra khusus sapi. Ia justru memakaikan bra khusus manusia yang sudah tidak terpakai lagi. Bra itu adalah bra-bra usang milik istrinya.

Seperti dikutip dari BBC News, Sabtu (12/5) kemarin, bra tua itu dipakaikan ke induk sapi, agar ambingnya tak meradang akibat kondisi yang disebut mastitis.

Baca Lainnya: Kenapa Susu Unta Lebih Sehat Dibanding Susu Sapi?

Mastitis adalah infeksi pada satu atau lebih saluran payudara, yang bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Kondisi yang kerap dirasakan ibu menyusui ternyata juga bisa dirasakan induk sapi.

Ross cerita, seorang tetangganya mengamati bahwa salah satu anak sapinya tak bisa mengakses dan menyusu dari bagian belakang ambing induknya. Ambing adalah kelenjar dalam payudara yang mengeluarkan air susu.

Sapi kecil itu pun merasa lebih mudah untuk menyusu dari puting depan induknya. Kondisi itu menyebabkan menyebabkan tekanan di bagian belakang. Karena itu, puting sapi itu meradang.

Ross lalu berinisiatif menutupi ambing sapi betinanya. Pilihan alat penutup itu jatuh pada Bra manusia. Bra bisa digunakan untuk mengurangi tekanan para ambing. Agar rasa sakit yang dirasakan induk-induk sapi bisa berkurang.

Ross menambahkan, bra dipilih karena mempertimbangkan kenyamanan induk sapi.

"Kainnya lembut dan dilengkapi tali yang elastis," kata dia.

Sebenarnya ambing tersebut bisa diperah dengan tangan manusia, untuk mengurangi tekanan. Namun, cara itu berisiko.

Baca Lainnya: Universitas Brawijaya Ciptakan Antiseptik Alami Anti Infeksi Kelenjar Susu

"Hal itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada induk sapi. Ia bisa saja menendang-nendang dan membuat pemerahnya cedera," tambah Ross.

Ross mengaku telah membagikan idenya itu ke komunitasnya di wilayah pertanian. Ternyata, tak hanya sapi yang terbantu. Pemakaian bra tersebut juga menghibur para manusia.

"Di Skotlandia, kami baru saja melalui musim dingin yang parah. Namun, dengan itu, kami bisa mempertahankan selera humor," kata dia. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Sapi Bantu Rehabilitasi Tahanan di Swedia

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: