Kopi panas mengandung antioksidan lebih banyak. (Foto: Daily Coffee News)
Health & Beauty

Lebih Sehat Mana, Kopi Panas atau Cold Brew?

By Diah
Jun 14, 2018

Trubus.id -- Konon, cold brew lebih sehat daripada kopi seduh panas. Masa sih?

Walaupun belum ada penelitian yang benar-benar valid terkait cold brew lebih sehat dari kopi panas, tapi memang benar jika cold brew memiliki lebih sedikit kadang acid.

Lantaran kadar acid-nya sedikit, cold brew bagus diminum oleh kalian yang memiliki masalah dengan perut dan tingkat keasamaan. Memiliki kadar acid rendah, cold brew bagus dikonsumsi oleh Trubus Mania yang punya masalah gigi.

Baca Lainnya: 6 Tips Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

Namun, para peneliti mengatakan jika kopi panas mengandung antioksidan lebih banyak. Saat proses cold brew, terjadi penurunan ekstraksi asam klorogenat, antioksidan yang sangat bioavailable. Bukan berarti cold brew tidak mengandung antioksidan sama sekali loh. Hanya saja, kadarnya tidak sebanyak kopi panas.

Cold brew bagus diminum oleh kalian yang memiliki masalah dengan perut dan tingkat keasamaan, Foto: HOUSE FOUR. 

Daripada bingung, Trubus Mania harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan. Jika ingin antioksidan dan cuaca sejuk, tidak ada salahnya menyeduh kopi panas. Tapi, kalau perut sedang bermasalah dan panas, tentu saja cold brew jawabannya. Namun, apapun yang dipilih, semua itu sesuai selera masing-masing. [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration