Langka, Penampakan Armadillo Raksasa di Brasil

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
16 April 2018   19:15

Komentar
Langka, Penampakan Armadillo Raksasa di Brasil

Armadillo (Foto: UniProt )

Trubus.id -- Jika kamu menutup mata dan membayangkan armadillo, ini mungkin makhluk yang akan datang ke pikiran: armadillo sembilan ruas - umumnya ditemukan di berbagai wilayah, termasuk Amerika Serikat bagian selatan.

Armadillo sembilan ruas adalah salah satu hewan terbesar dari jenis mereka (beberapa di antaranya cukup kecil), tetapi spesies ini tidak dapat dibandingkan dengan sepupu besar mereka di selatan perbatasan. Kemungkinannya, itu adalah hewan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Armadillo raksasa, asli Amerika Selatan, dapat berat hingga 82 kilogram dan mencapai panjang hampir 1,5 meter, dari kepala hingga ekor. Meskipun ukurannya sangat besar, armadillo raksasa dianggap sebagai salah satu hewan yang paling elusif di planet ini - banyak jumlahnya tapi sangat sedikit yang bisa diketahui tentang mereka sama sekali.

Baca Lainnya: Mirip Manusia, Gajah Asia Ternyata Bisa Tunjukan Rasa Empati dengan Sesama

Namun baru-baru ini, salah satu raksasa pemalu ini memutuskan untuk membuat penampilan yang langka, seperti dikabarkan The Dodo. 

Akhir bulan lalu, aktivis lingkungan dari kelompok Friends of Animals menerima laporan tentang armadillo raksasa yang berjalan di jalan-jalan Barra do Garças, Brasil. 

Karena takut hewan itu terluka atau sakit, mereka bergerak cepat untuk menyelamatkannya. Dari sana, armadillo raksasa dibawa ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan. Untungnya, dia tidak mengalami kondisi yang mengkhawatirkan sehingga dianggap aman untuk kembali ke rumahnya di alam liar.

Setelah kembali ke hutan dari mana armadillo itu kemungkinan datang, penyelamat melepaskannya dari mobil mereka sambil mengagumi ukurannya yang besar sebelum dia berlari kembali ke hutan dan menghilang dari pandangan.

Baca Lainnya: Ini Rahasia Burung Pleci Jawara Agar 'Moncer' di Ajang Kapolda Metro Jaya Cup 2018

Itu adalah momen singkat yang ajaib yang tak bisa dilupakan oleh tim penyelamat dan fotografer. "Sebagai seorang fotografer yang mencintai alam, sungguh menggetarkan untuk melihat kegembiraan armadillo ketika kembali ke alam," kata Edevilson Arneiro kepada The Dodo.

Spesies ini terdaftar sebagai "rentan" oleh Uni Internasional untuk Pelestarian Alam, dengan perburuan dan hilangnya habitat dianggap di antara ancaman terbesarnya. Dengan sedikit keberuntungan, perjumpaan langka ini akan membantu wajah spesies yang terancam ini, memperkuat upaya untuk menyelamatkan mereka sebelum saatnya tiba mereka benar-benar menjadi punah. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: