Kontroversial, Ini Dia Manfaat Sehat Minyak Sawit

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
24 April 2018   21:15

Komentar
Kontroversial, Ini Dia Manfaat Sehat Minyak Sawit

Minyak sawit mencegah kanker dan penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi terhadap penyakit jantung. Minyak sawit juga bermanfaat bagi perempuan hamil. (Foto: Longevity Life )

Trubus.id -- Minyak sawit. Ada yang bilang kalau minyak satu ini adalah ‘kasta’ terendah dalam dunia healthy eating. Kontroversi tentangnya pun berseliweran di internet. Memang, minyak kelapa sawit adalah 100 persen lemak, separuhnya pun sudah jenuh.

Namun, jika ingin ditelisik lagi, manfaat kesehatan minyak sawit ternyata banyak juga, loh. Mengandung Vitamin E dan antioksidan yang disebut karotenoid, dapat diubah menjadi vitamin A.

Termasuk kemampuannya untuk meningkatkan energi dan penglihatan, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan, mencegah penuaan dini, melindungi terhadap penyakit jantung. Minyak sawit juga bermanfaat bagi wanita hamil.

Apa itu Minyak Sawit?

Minyaki nabati yang sangat berguna, berasal dari berbagai ampas buah kelapa sawit. Varietas utama yang digunakan dalam produksi minyak sawit adalah kelapa sawit afrika (Elaeis guineensis) dan minyak sawit amerika (Elaeis oleifera).

Baca Lainnya: Tidak Lagi Avtur, Maskapai Penerbangan Ini Akan Menggunakan Bioavtur, Bahan Bakar Berbasis Sawit

Minyak sawit secara alami berwarna oranye kemerahan karena kandungan betakarotennya tinggi. Ini juga merupakan salah satu dari sedikit lemak nabati alami yang meningkatkan kadar kolesterol LDL di tubuh seseorang.

Kelapa sawit umumnya digunakan sebagai minyak goreng di Afrika, Asia Tenggara, dan beberapa negara di Amerika Selatan. Telah menjadi lebih populer di bagian lain dunia dalam beberapa tahun terakhir karena kehawatiran akan kesehatan akibat terlalu banyak lemak trans dalam makanan.

Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa Sawit

Di seluruh dunia, konsumsi minyak sawit meningkat. Namun, ini adalah bahan makanan yang sangat kontroversial. Di satu sisi, minyak sawit dilaporkan memberikan beberapa manfaat kesehatan. Di sisi lain, dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung. Ada juga kekhawatiran lingkungan terkait dengan peningkatan produksi yang stabil.

Baca Lainnya: Teknologi Pengolahan Limbah Cair Sawit Jadi Alga

Well, however, ini dia sejumlah manfaat kesehatan dari minyak sawit.

1. Meningkatkan Tingkat Energi

Betakaroten adalah salah satu komponen utama minyak sawit yang sangat baik untuk meningkatkan energi dan keseimbangan hormon dalam tubuh.

2. Menjaga Fungsi Penglihatan

Betakaroten sangat penting untuk meningkatkan penglihatan. Banyak antioksidan ditemukan dalam minyak sawit, yang merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang kuat. Produk sampingan bermanfaat dari metabolisme sel, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas bertanggung jawab atas banyak kerusakan seluler dan mutasi, termasuk yang dapat menyebabkan masalah penglihatan. Menggunakan minyak sawit sebagai pengganti jenis minyak lainnya dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

Foto: Pixabay/ silviarita.

3. Mencegah Masalah Kardiovaskular

Memiliki kandungan HDL dan LDL yang tinggi. Tetapi, meskipun yang satu baik (HDL) dan yang lainnya buruk (LDL), minyak sawit masih dapat menciptakan keseimbangan yang lebih sehat di dalam tubuh.

Kadar kolesterol LDL tinggi dapat meningkatkan kemungkinan atherosclerosis, yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Dengan menjaga keseimbangan kolesterol sehat (dibutuhkan dalam tubuh), Trubus Mania dapat memastikan sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Tokoferol, suatu bentuk vitamin E, adalah antioksidan alami yang dapat membantu mencegah kanker dengan menetralisir radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel kanker, sehingga tingkat tokoferol yang tinggi dalam minyak kelapa diperlukan.

5. Mendukung Kehamilan Sehat

Kekurangan vitamin adalah beberapa kondisi paling berbahaya yang dihadapi oleh perempuan hamil dan janin di kandungan. Vitamin A, D, dan E ditemukan dalam jumlah yang cukup besar dalam minyak kelapa sawit. Karena tubuh tidak dapat secara alami mempertahankan semua vitamin tersebut, perlu untuk mengonsumsinya dalam makanan kita. Dengan demikian, menambahkan minyak sawit ke dalam diet akan memastikan tidak terjadinya kekurangan vitamin.

Perhatian

Hindari asupan minyak sawit jika kalian memiliki kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi dalam tubuhmu. Cukup mudah kan untuk mengambil manfaat sehatnya? [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

5 Hal Ini yang Membuat Oat Milk Kian Digemari

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          

Berat Badan Tak Juga Turun, Coba Diet Jamur

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: