Kenapa Menaiki Gajah dan Selfie dengan Harimau Tak Boleh Dilakukan di Tempat Wisata?

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
30 April 2018   15:00

Komentar
Kenapa Menaiki Gajah dan Selfie dengan Harimau Tak Boleh Dilakukan di Tempat Wisata?

Gajah dalam sirkus (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Di tempat-tempat wisata sering menghadirkan atraksi hewan untuk menarik wisatawan. Setiap tahun ribuan atau bahkan jutaan orang mengunjungi tempat wisata.

Para wisatawan inii secara tidak langsung didorong untuk berinteraksi dengan hewan liar yang sudah dijinakkan.

Yang paling biasa adalah penawaran untuk naik gajah. Setiap pengunjung dengan tarif tertentu bisa menaiki punggung gajah dalam waktu tertentu.

Selain itu ada atraksi selfie dengan harimau. Kadang-kadang harimau tersebut dirantai lehernya. Hewan-hewan itu dipaksa oleh petugas untuk melakukan hal yang sama seharian penuh.

Nasib lebih tragis akan dialami kedua hewan tersebut ketika akhir pekan. Karena para pengunjung yang datang jumlahnya berkali lipat dibanding hari biasanya.


Banyak rupanya pengunjung yang tak menyadari penderitaan para hewan malang ini. Seekor gajah muda akan dipaksa berpisah dengan ibunya lalu mereka setiap hari dipukul dengan logam untuk mengendalikan mereka. Dan sejak itu ia tak lagi mempunyai kebebasan sama sekali.

Begitu juga dengan anak harimau yang sejak kecil telah dipisahkan dengan orangtua dan sahabatnya. Ia diculik dan ditempatkan pada kandang yang sempit, lalu dipukul agar bisa berpose seperti yang diinginkan pelatihnya. 

Metro.co.uk menulis, Chiara, manajer kampanye satwa liar di Badan Perlindungan Hewan Dunia, mengatakan, kebutuhan hewan liar sangat spesifik. Sesuatu yang tidak berbahaya bagi manusia bisa menyebabkan mereka kesakitan atau ketidaknyamanan.

Hewan-hewan liar ini belum melalui proses domestikasi seperti anjing sehingga memiliki kebutuhan yang sama sekali berbeda.  

Gajah adalah hewan yang sangat sosial, memiliki ikatan yang sangat kuat tetapi hewan muda itu dipaksa menjalani hari-hari yang buruk, sendirian.  

Sementara harimau adalah hewan soliter. Ia akan mengalami penderitaan luar biasa karena mereka 'dipaksa masuk ke situasi yang tidak alamiah dari hari ke hari.

Bagaimana Trubus Mania, masih berminat selfie dengan harimau atau naik gajah? [KW]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: