Air minum penting bagi kesehatan manusia untuk mencegah dampak dehidrasi. (Foto: Halebiz)
Health & Beauty

Kampanye Air Minum, Peneliti Bikin Aplikasi Android

By Diah
Jun 12, 2018

Trubus.id -- Untuk mengampanyekan pentingnya air bagi kesehatan manusia, dr. Dewi Friska, dr. Budi Wiweko, dr. Aida Riyanti, dan dr. Erfi Prafiantini dari klaster riset Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menciptakan aplikasi bernama Games.

Menurut informasi di website Universitas Indonesia, Games merupakan aplikasi android untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kebutuhan asupan air minum untuk mencegah dampak dehidrasi.

Baca Lainnya: Air Bersih di Jakarta Belum Bisa Jadi Air Minum yang Aman

Tidak heran jika aplikasi ini berisi status hidrasi, indeks massa tubuh, artikel kesehatan, dan juga permainan teka-teki yang dapat mengevaluasi pretest dan post-test pengguna aplikasi, sebelum dan sesudah membaca komik di Games.

Siapapun yang mempunyai aplikasi ini di gawainya, bisa mencoba berbagai macam permainan petualangan dan pengetahuan hidrasi. Menariknya, permainan ini diciptakan bukan untuk orang dewasa, melainkan anak kecil. Walau begitu, bukan berarti orang dewasa tidak bisa ikutan bermain loh.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Android, program Pemprov DKI untuk menjawab permasalahan kurang air yang dihadapi oleh masyarakat di Kota Jakarta.

Baca Lainnya: Partikel Plastik di Air Minum Ancam Kesehatan Manusia

Berdasarkan penelitian The Indonesian Hydration Regional Study, sebanyak 46,1 persen masyarakat di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami kurang air atau hipovolemia ringan lantaran masyarakat kurang mendapatkan akses informasi yang tepat mengenai hidrasi sehat.

Oleh karena itu, para dokter melakukan sosialisasi dengan mengggunakan penggunaan aplikasi Games dan juga pemberian materi mengenai hidrasi kepada para kader kesehatan. Setelah itu, para kader akan mengedukasi setiap keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka.

Trubus Mania, apakah kalian sudah men-download aplikasi ini? [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration