Jangan Sepele, Ini 4 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Juni 2018   18:30

Komentar
Jangan Sepele, Ini 4 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menurut Centers for Disease Control,setengah jam di kebun bisa membakar antara 150 hingga 300 kalori, loh. (Foto: Growing organic)

Trubus.id -- Lupakan diet dan member gym yang mahal. Trubus Mania hanya perlu melihat keluar jendela untuk menemukan hack kesehatan holistik yang sempurna. Apalagi kalau bukan berkebun!

“Berkebun bukanlah suatu hobi yang hanya disediakan untuk orangtua dengan banyak waktu," jelas Angie Thomas, seorang konsultan hortikultura.

Ia melanjutkan, "Ini adalah sesuatu yang setiap orang dapat memperoleh banyak manfaat darinya, termasuk aktivitas fisik dan menghemat tagihan belanja."

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Trubus Mania tidak perlu banyak ruang untuk memetik hasil dari bertanam.

Baca Lainnya: Berkebun, Cara Baru Kurangi Risiko Kematian

“Tidak masalah jika Anda tak punya halaman belakang yang besar. Anda dapat membuat kebun baru, bahkan dengan ruang sekecil balkon, teras atau kusen jendela,” tambahnya.

Inilah 5 alasan untuk mengotori tanganmu di kebun, dirangkum dari Woman’s Health.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkirkan treadmill. Menggali, menanam, menyiram, memotong rumput, menyiangi dan memangkas tanaman merupakan kegiatan untuk membakar lemak. Menurut Centers for Disease Control, setengah jam di kebun bisa membakar antara 150 hingga 300 kalori, loh.

2. Membuat Lebih bahagia

Mengotori tangan di kebun telah terbukti secara ilmiah meningkatkan kadar serotonin melalui kontak dengan tanah dan bakteri tanah tertentu. Serotonin adalah zat kimia yang membantu melawan depresi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, menumbuhkan makanan sendiri di kebun bisa melepaskan zat kimia dopamine yang memicu euforia ringan. Dopamine dapat dilepas setelah melihat buah dan sayuran tumbuh, bau dan aktivitas memetiknya.

Baca Lainnya: Karena Foto Pria Ganteng Ini Banyak Orang Ingin Berkebun, Kok Bisa?

3. Murah

Menumbuhkan sayuran, buah dan rempah-rempah dengan tangan sendiri dapat sangat bermanfaat untuk tabungan kamu, loh. Tomat adalah contoh makanan sehat yang dapat dengan mudah ditanam di rumah dengan harga murah.

Jika mengubah satu meter persegi halaman belakang menjadi kebun tomat, kamu bisa menghasilkannya dengan biaya 70 persen lebih murah dibanding di rak supermarket.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Mengatur pikiran untuk tugas berkebun, seperti menanam herba dalam pot, memungkinkan kamu untuk fokus tanpa harus duduk diam selama berjam-jam. Mindfulness adalah alat yang hebat untuk mengambil kembali kendali atas pikiran dan perasaan dan menjaga tingkat stres turun.

So, berkebun bukan hanya untuk orangtua, loh. Dari sekadar hobi, penghematan hingga alasan kesehatan, berkebun juga bisa menghasilkan uang!

Selamat berkebun! [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: