menahan bersin dapat menyebabkan komplikasi mematikan (google.com)
Health & Beauty

Jangan Pernah Menahan Bersin, Bahayanya Nyata

By Ayu Setyowati
Feb 13, 2018

Trubus.id -- Saat berada di sebuah acara formal atau di dalam kereta yang penuh sesak, sesekali kita tentu ingin menahan bersin dengan alasan kesopanan. Namun menurut dokter, menahan bersin dengan menutup mulut atau menjepit hidung bisa sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan banyak komplikasi yang mematikan. 

Yes, you read it right. Mencoba menghentikan bersin dengan memblokir lubang hidung dan mulut adalah manuver berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi seperti pneumomediastinum (udara yang terperangkap di dada antara kedua paru-paru), perforasi membran timpani (gendang telinga), dan bahkan ruptur aneurisma serebral (pembuluh darah menggelembung di otak), demikian dilansir Telegraph. 

Gendang Telinga Bisa Pecah

Sebelumnya telah terdapat kasus orang dirawat di rumah sakit karena mengalami gendang telinga yang pecah, pecahnya pembuluh darah di mata, saraf wajah yang rusak, otot yang tertarik dan bahkan tulang rusuk yang retak akibat berusaha menahan kekuatan bersin yang diketahui secepat 250 km/jam.

Padahal, kata dokter, bersin dimaksudkan untuk melepaskan partikel, iritan atau kuman yang berpotensi merusak tubuh. Menghentikannya tidak hanya berisiko pecahnya tenggorokan, tapi bisa mendorong terbentuknya bakteri atau memicu serangan asma. 

Jadi, jika kita benar-benar perlu menahan bersin, para ahli menyarankan untuk menggosok hidung, bernapas dengan berat melalui hidung, atau cukup menggosok area di atas bibir. [NN]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration