IPB Ciptakan Minuman Anti Hipertensi dari Tempe

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
06 Feb 2018   22:30

Komentar
IPB Ciptakan Minuman Anti Hipertensi dari Tempe

Tempe (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Tempe memang telah dikenal sebagai bahan makanan dengan kandungan protein yang baik. Selain rendah lemak tempe juga mengandung beragam zat yang diperlukan oleh tubuh.

Karena itu empat orang peneliti dari IPB (Institut Pertanian Bogor) melakukan penelitian tentang efek intervensi minuman tempe terhadap tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Keempat peneliti itu adalah Alfia Ansarullah, Hardinsyah dan Sri Anna Marliyati dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Made Astawan dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta).

Baca Lainnya: Tak Harus Kedelai, Kini Tempe dari Daun Singkong Juga Oke

"Tempe adalah bahan pangan yang  mampu menurunkan tekanan darah,  alasan inilah kami melakukan penelitian mengenai efek dari minuman berbasis tempe terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi dan hiperkolesterolemia," tutur Hardinsyah.

Dalam penelitian mereka melibatkan 30 pria dan wanita dewasa berusia 25-55 tahundan  kadar kolesterol total ?200 mg/dl, tekanan darah 121-139 mmHg, dan tekanan darah diastolik 81-89 mmHg.

Subjek dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok yang diberi Minuman Tempe A (MTA) yang diformulasikan dari kedelai lokal yang dikecambahkan. Kedua kelompok Minuman Tempe B (MTB) yang diformulasikan dari kedelai impor. Dan ketiga kelompok kontrol.

Baca Lainnya: Jualan Tempe di Jerman Untungnya Hampir 600 Persen

Minuman yang dibuat dari tempe diberikan tiga gelas sehari selama empat minggu berturut-turut dan paling sedikit mengandung 25 g protein per hari. Kelompok kontrol tidak diberi minuman tempe.

Hasilnya, para meneliti menemukan perbedaan signifikan pada efek MTA dan MTB dibandingkan dengan subjek kelompok kontrol pada tekanan darah sistolik. Sementara, tidak terdapat perbedaan signifikan pada efek MTA dan MTB pada tekanan darah diastolik dibandingkan dengan kelompok kontrol, tapi kecenderungan mengalami penurunan. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: