Pohon di pinggir jalan (Foto: Istimewa)
Plant & Nature

India Tanam Pohon Sepanjang 500 Km Untuk Kurangi Polusi

By Karmin W
Feb 09, 2018

Trubus.id -- Polusi memang ancaman yang nyata bagi kehidupan manusia. Namun banyak orang yang masih menanggap pencemaran udara bukan bagian dari masalah yang harus dihadapinya.

Namun apa yang dilakukan pemerintah Delhi ini sungguh menginspirasi. Kepala menterinya Arvind Kejriwal pada hari Rabu ( 6/2) mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas pencemaran udara yang terjadi di negaranya. 

Pertemuan itu menghasilkan keputusan penting, yakni mereka yang telah mempunyai 'Anggaran Hijau' akan menanam pohon di sepanjang jalan yang panjangnya 500 kilometer. Dengan program ini diharapkan tanaman hijau itu mampu mengurangi polusi debu di Ibukota.

Baca Lainnya: Sandiaga Uno Dukung Program Garuda Hijau Indonesia Trubus.id

Dinas Pekerjaan Umum telah diberi tugas mempercantik dan membuat lansekap di sepanjang jalan dengan lebar sekitar 30 meter.

"Kepala menteri telah menetapkan target satu tahun untuk menyelesaikan pembangunan jalan tersebut,  "kata seorang pejabat pemerintah.

Menurut pejabat, rumput dan tanaman akan ditanam di tempat pembatas dan dekat trotoar.

Beberapa tanaman yang akan dipakai untuk menghijaukan jalan itu diantaranya pohon Palm Foxtail, Palm Washington, Tabeuia Argentea, Casuarina Shrub, Chorisia Speciosa, Raphis Excesia, Ficus Panda.

"Tanaman ini akan membantu mengendalikan partikel debu yang bertebaran. Proyek ini meliputi hardscaping (pekerjaan batu di jalan setapak), softscaping (pekerjaan hortikultura), perancangan dan penerangan bagi pejalan kaki, "kata pejabat tersebut.

Banyak pihak yang tertarik mengerjakan proyek ini.  Selanjutnya perawatan dan pemeliharaan tanaman akan dikelola oleh perusahaan berdasarkan kontrak.

Menarik kan? [KW] 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration