Pasangan singa di Taman Wisata Cikembulan Garut (Istimewa)
Pet & Animal

Hebat, 3 Anak Singa Afrika Lahir di Taman Wisata Cikembulan Garut

By Roni
Feb 13, 2018

Trubus.id -- Taman Satwa Cikembulan Garut mendapat anggota keluarga baru. Yah, tiga ekor singa Afrika (Phantera leo), lahir ditempat itu 13 Desember silam. Kini di usianya yang memasuki 2 bulan, ketiga anak singa itu tampak tumbuh dengan sehatnya.

Manajer Taman Satwa Cikembulan, Rudy Arifin mengatakan, ketiga anak singa itu terlahir dari induk betina berusia 3 tahun dan jantan 4 tahun. Pasangan singa itu sudah menghuni Taman Satwa Cikembulan Garut sejak tahun 2013 silam.

Baca Lainnya: Kucing Juga Bisa Kena Baby Blues Syndrome, Loh!

Saat jumpa pers kelahiran anak singa di Garut, Senin (12/2) kemarin, ia mengampaikan, ke 3 anak singa ini terlahir dengan proses alami tanpa bantuan dokter hewan maupun pawang singa.

"Awalnya lahir satu anak singa siang hari, kemudian dua lagi saat malam. Proses lahirnya secara alamiah, cuma terus dipantau oleh kami," ujarnya.

Ia menambahkan, kedua ekor singa jantan dan betina itu sengaja di jadikan satu kandang untuk dikembangbiakan. Namun sejak singa betina diketahui mengandung, singa jantan dipisah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Sementara perkembangan kandungan singa betina terus dipantau kondisi kesehatannya.

Ia menambahkan, dengan kehadiran 3 anak singa ini, populasi singa di Taman Wisata Cikembulan bertambah jadi 5 ekor. Setelah besar nanti, ke 3 anak singa ini akan dipindah ke kebun binatang lain yang kandangnya lebih layak untuk perkembangannya.

Baca Lainnya: Miris, Bayi Harimau Diselundupkan Lewat Kotak Pos

"Sebenarnya kelahiran singa ini sudah berhasil di tempat konservasi lain. Namun untuk di sini baru pertama kali dan menjadi suatu kebanggan," ujar Rudy.

Dokter hewan Taman Satwa Cikembulan, Dian menambahkan, sejak masa kehamilan nutrisi induk betina terus diperhatikan. Kegiatan ini terus berlangsung hingga induk itu melahirkan ke 3 anaknya. Apalagi, induk betina itu juga harus menyusui ke 3 anaknya.

"Kebutuhan makanan dagingnya kita penuhi sehari sampai 4 kilo, lalu vitamin, hasilnya sampai saat ini induk maupun anaknya terlihat sehat," ujar Dian. [RN] 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration