Game Komputer Bantu Pengidap Skizofrenia Hilangkan Suara di Kepala?

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
13 Feb 2018   07:00

Komentar
Game Komputer Bantu Pengidap Skizofrenia Hilangkan Suara di Kepala?

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Pengidap skizofrenia sebentar lagi bisa diobati dengan menggunakan pemindai MRI dan game komputer. Yah, para ilmuwan kini dapat melatih pengindap penyakit ini untuk mengendalikan suara-suara di kepala pasien skizofrenia dengan menggunakan teknik 'neurofeedback'.

Pada dasarnya, teknik ini melibatkan pasien yang memantau aktivitas syaraf mereka sendiri di daerah sensitif dalam otak sambil duduk di pemindai MRI. Aktivitas syaraf kemudian dialihkan dengan game komputer yang diwakili oleh roket ruang angkasa yang terkomputerisasi. Pasien lalu diminta mendaratkan roket dengan membawanya ke kembali bumi.

Baca Lainnya: Skizofrenia Berpotensi Besar Serang Usia 15 Hingga 30 Tahun

Percobaan, yang dipublikasikan di jurnal Translational Psychiatry, mencakup 12 pasien yang mendengar suara di kepala mereka setiap hari. Peneitian ini dilakukan oleh para peneliti di King's College London Institute of Psychiatry, Psikologi & Neuroscience (IoPPN) dan Universitas Roehampton.

Hasilnya sangat menggembirakan, pasien mampu mengurangi aktivitas syaraf di daerah otak yang sensitif setelah hanya dalam empat kali percobaan. Mereka diminta untuk mengembangkan strategi mental mereka sendiri daripada diberi instruksi khusus dan akhirnya bisa mengendalikan aktivitas otak mereka tanpa game roket tadi. 

"Studi kami menunjukkan bahwa penderita skizofrenia dapat mempelajari semacam strategi mental untuk membantu gejala mereka - sesuatu yang beberapa tahun pengobatannya tidak membantu," ujar Dr Natasza Orlov, dari King's IoPPN, seperti dikutip dari Metro.co.uk

Profesor Paul Allen, dari Universitas Roehampton, menambahkan, hasil game komputer pilot ini sangat menakjubkan. Karena hampir semua orang di kelompok pasien mampu mengendalikan roket luar angkasa dan berhasil membawa roket dalam game itu kembali ke bumi.

Baca Lainnya: 80 Persen Orang dengan Gangguan Jiwa yang Terlantar di Jalan Pengidap Skizofrenia

"Ini masih merupakan hari-hari awal penelitian kami, namun pasien yang ikut dalam studi percontohan telah memberi tahu kami bahwa pelatihan tersebut telah membantu mereka untuk menenangkan suara dalam kepala mereka, sehingga mereka dapat menginternalisasi lebih banyak lagi," ujarnya. 

Teknik neurofeedback ini pertama kali dilakukan untuk pasien skizofrenia dan halusinasi verbal. Sekarang para ilmuwan merencanakan penelitian terkontrol secara acak untuk menguji teknik ini dalam sampel yang lebih besar. Patut diketahui, sekitar 70% penderita skizofrenia mendengar suara di kepala mereka. Hal inilah yang tengah dicari jalan keluarnya oleh para peneliti. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: