Ekohidrologi, Solusi Air Bersih di Masa Depan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
25 Mei 2018   23:00

Komentar
Ekohidrologi, Solusi Air Bersih di Masa Depan

Ilustrasi. (Foto: Dok. LIPI)

Trubus.id -- Negara-negara di kawasan Asia Pasifik masih menghadapi permasalahan air. Penyebabnya ialah rendahnya akses terhadap air dan sanitasi bersih, berujung pada munculnya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan air. Tidak itu saja, banjir dan kekeringan yang sering terjadi di kawasan tersebut merupakan faktor lain penyebab munculnya permasalahan air.

“Pendekatan ekohidrologi mampu meningkatkan kualitas sumber daya air dengan mempertimbangkan unsur ekologi, hidrologi, ekoteknologi, dan budaya," kata Ignasius Dwi Sutapa, peneliti dari Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, Jumat (25/5).

Ekohidrologi merupakan pendekatan dalam pengelolaan sumber daya air terpadu. Menawarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan dalam memahami lingkungan dan sistem sumber daya air melalui pemahaman interdepensi proses dan komponen siklus hidrologi di ekosistem darat dan perairan.

Baca Lainnya: Air Bersih di Jakarta Belum Bisa Jadi Air Minum yang Aman

“Konsep ekohidrologi bisa diterapkan sebagai solusi ketersediaan air bersih di masa depan,” jelasnya.

Menurut Ignasius, prinsip ekologi terkait dengan peningkatan kapasitas penyerapan dari ekosistem. Prinsip hidrologi merupakan kerangka kerja untuk proses kuantifikasi, sedangkan prinsip ekoteknologi dalam penggunaan properti ekosistem sebagai alat manajemen. Dan, prinsip budaya untuk meningkatkan hubungan yang dinamis antara sistem hidrologi, sosial, dan ekologi.

Baca Lainnya: Jakarta Krisis Air Bersih, Program Sumur Resapan pun Tak Optimal

Ketersediaan air yang terjangkau dan berkelanjutan menjadi bagian terpenting bagi setiap individu, baik yang tinggal di perkotaan maupun di perdesaan. Trubus Mania perlu tahu, air yang tidak sehat akan mengakibatkan diare pada anak balita dan menurunkan berat badannya sehingga berpengaruh pada status gizi bersifat akut.

"Pendekatan ekohidrologi dapat meningkatkan kualitas air, yang pada akhirnya menunjang perbaikan tingkat layanan air bersih Indonesia. Secara spesifik, ketersediaan air bersih dapat menurunkan water borne disease, menurunkan stunting, dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Penganut Bumi Datar Kembali Tentang Hukum Gravitasi

Binsar Marulitua   Plant & Nature
Bagikan: