Ilustrasi. (Foto: rawpixel)
Health & Beauty

Duduk Lama Tidak Seburuk yang Dipikirkan, Asalkan...

By Diah
May 25, 2018

Trubus.id -- Ada banyak penelitian yang mengatakan jika duduk terlalu lama dapat berpengaruh negatif pada kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kronis lainnya.

Tapi, penelitian baru mengatakan jika beberapa aktivitas, cukup ampuh mengatasi beberapa efek tidak sehat akibat duduk terlalu lama. Penelitian di BMC Medicine menganalisis data pada 400.000 orang setengah baya di Inggris.

Para ilmuwan membandingkan laporan orang tentang seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka lakukan dan berapa banyak waktu yang dihabiskan di depan televisi atau komputer.

Baca Lainnya: Duduk 9-10 Jam Perhari Tidak Baik untuk Jantung, Kenapa?

Untuk mendapatkan ukuran yang obyektif dari tingkat latihan orang, para ilmuwan juga melakukan tes kekuatan genggaman, di mana orang meremas perangkat khusus untuk mengukur kekuatan otot mereka, serta tes kebugaran pada ergometer.

“Bergabung di pusat kebugaran membutuhkan effort lebih yakni waktu dan uang. Dan, kekuatan pegangan berguna untuk melihat fisik seseorang, apakah bugar atau tidak,” kata Carlos Celis-Moralis dari Universtas Glasgow, ketua tim peneliti.

Orang-orang dengan genggaman terlemah memiliki risiko 31 persen lebih tinggi untuk meninggal selama lima tahun penelitian, untuk setiap dua jam yang mereka habiskan di depan layar, dibandingkan dengan orang-orang dengan genggaman kuat yang menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk duduk.

Baca Lainnya: Ini Alasannya Kenapa Berdiri Lebih Baik Daripada Duduk

Orang-orang ini juga memiliki risiko 21 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung dan risiko 14 persen lebih tinggi terkena kanker, dibandingkan dengan orang dengan kekuatan genggaman yang lebih tinggi.

Pada dasarnya, setiap orang yang menghabiskan waktu duduk di depan televisi atau komputer selama dua jam, risiko kematiannya dua kali lebih tinggi di antara orang-orang dengan kekuatan genggaman yang lebih rendah daripada orang dengan kekuatan genggaman yang lebih tinggi.

Kabar baiknya, kekuatan genggaman dapat ditingkatkan dengan latihan beban dan peningkatan moderat dalam aktivitas fisik dan kebugaran.

Baca Lainnya: Kematian Dini Ancam Karyawan yang Kerjanya Banyak Duduk

“Jadi, efek negatif akibat terlalu lama duduk tidak begitu berpengaruh, asalkan tubuh Anda kuat, bugar, dan aktif secara fisik,” ucap Carlos.

Penting diingat bahwa duduk terlalu lama masih tidak sehat karena memiliki tingkat kematian dini yang lebih tinggi dan penyakit kronis.

"Terkadang tidak ada yang bisa dilakukan di tempat kerja jika menghabiskan delapan jam di depan komputer atau duduk di kursi. Tapi, ketika pulang ke rumah, Anda bisa mengubah perilaku tersebut,” tuturnya. [DF] 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration