Jengkol mengandung asam jengkolat, asam amino yang tidak biasa. (Foto: Istimewa)
Health & Beauty

Doyan Makan Jengkol, Ikuti 7 Tips Ini Biar Enggak Keracunan

By Agung
Oct 16, 2017

Trubus.id -- Bagi kalian penikmat jengkol, makanan ini nikmat disajikan dengan berbagai macam olahan. Tetapi, kalian harus tetap memperhatikan sisi kesehatannya loh.

Asal kalian tahu, jengkol mengandung racun yang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan ginjal.

Itu karena, jengkol mengandung asam jengkolat. Suatu asam amino yang tidak biasa, karena bukan merupakan protein. Asam jengkolat yang dalam struktur molekulnya mengandung sulfur. Memiliki kelarutan rendah pada suasana asam, sehingga akan berbentuk kristal yang tidak larut.

Nah, kristal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada tubuh, terutama ginjal dan saluran kencing manusia, menyebabkan timbulnya nyeri. Supaya enggak keracunan asam jengkolat, ikuti 7 tips berikut ini:

1. Cuci jengkol dengan bersih.

2. Rebus jengkol dengan arang batok kelapa atau abu gosok selama 45 menit. Buang air saringannya yang berwarna abu-abu pekat. Lakukan dua kali perebusan.

3. Selanjutnya, rebus jengkol dengan daun melinjo, daun salam, dan serah. Tambahkan 2 sendok makan asam cuka. Jangan lupa buang air rebusannya.

4. Perebusan yang terakhir dengan kulit bawang merah dan putih untuk mendapatkan aroma yang lebih wangi. Setelah air rebusannya dibuang, jengkol siap diolah menjadi hidangan yang melezatkan.

5. Jangan makan jengkol terlalu banyak.

6. Biasakan minum air putih yang banyak agar tidak terjadi retensi urine.

7. Bisa juga minum air degan atau kelapa muda.

Bagaiman, mudah, kan? [DF]
 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration