Di Swiss, Pemilik Anjing Harus Memungut Kotoran Hewan Peliharaannya

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
12 Juni 2018   14:00

Komentar
Di Swiss, Pemilik Anjing Harus Memungut Kotoran Hewan Peliharaannya

Di tempat ini, pemilik anjing harus membuang kotoran hewan peliharannya. (Foto: Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id -- Siapa yang tak tahu Swiss, negara yang ada di Eropa ini terkenal dengan kebersihannya. Saking bersihnya, para pemilik anjing harus bertanggung jawab terhadap kotoran hewan peliharaannya saat membawa mereka jalan-jalan keluar rumah. Yup, empunya anjing tersebut harus memungut dan membuang kotoran hewan kesayangannya di tempat yang telah disediakan.

Tempat yang disediakan tersebut berupa kotak berukuran sedang, berwarna hijau yang biasanya diletakkan di sebuah tiang yang ada di pinggir jalan. Yang pasti, pemilik anjing tidak perlu kerepotan memikirkan bagaimana membuang kotoran tersebut karena sudah tersedia sarung tangan plastik untuk mengambil kotoran itu.

Di setiap sudut jalanan di Vaud, Swiss, telah disediakan tempat untuk pemilik anjing mengambil dan membuang kotoran hewan peliharaannya (Foto: Trubus.id/ Diah Fauziah).

"Pada dasarnya, jika anjing membuang kotoran di jalanan, pemiliknya harus mengambilnya. Dengan menggunakan sarung tangan plastik yang sudah disediakan, ambil kotoran tersebut dan kemudian lepas sarung tangan beserta kotoran anjing, ikat dan buang di tempatnya," kata Daniel, warga kanton Vaud, Swiss, saat menjelaskan kepada Trubus.id, Senin (11/6).

Menurut Daniel, peraturan tersebut sudah ada sejak lama.

"Sebagai pemilik hewan peliharaan, baik itu anjing atau kucing, mereka harus bertanggung jawab penuh jika membawanya keluar rumah untuk sekadar jalan-jalan," jelasnya.

Baca Lainnya: Selamatkan Anak Hilang, Anjing Ini Terima Penghargaan Polisi

"Sepertinya, beberapa saat lagi, akan ada peraturan yang sama untuk pemilik kuda untuk memungut kotoran hewan peliharaannya. Itu karena, mereka tidak bertanggung jawab terhadap kotoran tersebut dengan membiarkannya di jalanan. Ada bayak masyarakat di sini yang memiliki kuda dan membiarkan hewannya membuang kotoran di sembarang tempat tanpa memikirkan orang lain. It´s not nice," ungkapnya.

Well, jika saja pemerintah Indonesia bisa menerapkan hal serupa, tentu kita tidak akan melihat kotoran anjing atau kucing di jalanan. Pastinya, akan membuat lingkungan menjadi bersih. Bukan begitu, Trubus Mania? [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: