Jamur maitake yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (healthline.com)
Plant & Nature

Cek 5 Khasiat Unik Jamur Maitake 

By Ayu Setyowati
Feb 13, 2018

Trubus.id -- Banyak jamur yang diklaim bergizi dan punya manfaat bagi kesehatan, jamur maitake (Grifola frondosa) salah satunya. Dikenal dengan sebutan “kepala domba” atau “ayam hutan”, jamur maitake yang sering tumbuh di dasar pohon ek ini juga terkenal karena kelezatannya ketika diolah menjadi berbagai bentuk panganan. Apa saja manfaat unik jamur yang popular di Jepang ini bagi kesehatan? Berikut ulasannya. 

Suplai Vitamin D

Semua jamur mengandung molekul membran sel jamur yang dikenal dengan ergosterol. Setelah paparan sinar UV, senyawa ini diubah menjadi ergocalciferol, atau vitamin D2. Beberapa jamur mengandung lebih banyak vitamin D2 dibanding yang lain tergantung pada spesies, kondisi lingkungan, dan perawatan pasca panen. Jamur Maitake, dengan 100 gram bahan segar, telah terbukti mengandung lebih dari 2.000 IU vitamin D2 saat terkena sinar matahari lebih banyak.

Untuk meningkatkan kandungan vitamin D2 dari jamur Anda, tempatkan insang-insang di bawah sinar matahari langsung. Jamur yang diiris akan menghasilkan lebih banyak vitamin D2, karena metode ini meningkatkan luas permukaan dan memungkinkan lebih banyak ergosterol untuk terkena sinar matahari. 

Baca Lainnya: Maitake, Jamur Lezat Makanan Para Samurai yang Juga Berkhasiat Hebat

Mengobati Kanker 

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jamur maitake dapat berperan dalam perlindungan terhadap berbagai jenis kanker. Dikenal sebagai D-Fraction, polisakarida ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sel sistem kekebalan tertentu, seperti makrofag, sel T pembantu, dan sel T sitotoksik, yang semuanya bekerja sama untuk menyerang sel tumor.

Penelitian lain menunjukkan bahwa D-Fraction dapat menyebabkan kematian seluler (sebuah proses yang dikenal sebagai apoptosis) pada sel kanker payudara manusia dan sel karsinoma. Selain itu, D-Fraksi telah terbukti mengurangi pertumbuhan sel kanker kandung kemih. 

Menunjang Sistem Imun

Maitake mengandung polisakarida penting yang membantu meningkatkan aktivitas sel sistem kekebalan tertentu, seperti sel T, sel B, makrofag, dan sel pembunuh alami. Akhirnya, polisakarida dari jamur maitake berperan sebagai regulator sistem kekebalan tubuh.

Tak terkecuali maitake, banyak jamur obat yang dikenal karena efek imunomodulatori, yakni proses untuk meningkatkan, menstabilkan, atau menekan sistem kekebalan tubuh. Misalnya, merangsang sistem kekebalan tubuh diperlukan dalam kasus infeksi virus atau bakteri. Beta-glukan dari jamur maitake telah terbukti memainkan peran kunci dalam proses imunomodulator tersebut. 

Sebagai Antioksidan

Konsumsi jamur maitake dengan antioksidan alami, termasuk fenol, flavonoid, asam askorbat, dan tokoferol dapat menjadi strategi bijak dalam melindungi tubuh terhadap penyakit yang berhubungan dengan oksidasi seperti aterosklerosis, diabetes, dan penyakit Alzheimer. 

Baca Lainnya: 2018 Diyakini Tahunnya Kopi Jamur 

Mengobati Diabetes

Dalam beberapa penelitian, ektrak jamur maitake telah terbukti berkhasiat sebagai perlindungan terhadap diabetes lewat kemampuannya untuk menghambat alfa-glukosidase, enzim yang memecah pati dan gula sederhana menjadi glukosa. Dengan menghambat enzim ini, penyerapan glukosa melambat di dalam tubuh. Tidak mengherankan, banyak obat antidiabetes oral adalah inhibitor alfa-glukosidase, karena jamur maitake secara alami mengandung penghambat alfa-glukosidase.

Informasi ini mungkin penting bagi individu yang ingin memotong obat diabetes konvensional, yang biasanya menghadirkan sejumlah efek samping yang tidak diinginkan seperti sakit perut yang parah, sembelit, diare, dan penyakit kuning. [NN]


 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration