Cegah Virus Flu, Jangan Lupa Vaksinasi dan Cuci Tangan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
12 Feb 2018   20:00

Komentar
Cegah Virus Flu, Jangan Lupa Vaksinasi dan Cuci Tangan

Ilustrasi flu. (Foto: UpNature)

Trubus.id -- Dalam beberapa dasawarsa, flu kali ini merupakan yang terburuk. Virus yang mematikan ini telah membuat orang sakit lebih banyak daripada flu babi pada 2009 lalu.

Tahun ini, flu sama buruknya dengan pandemi flu babi 2009 yang menewaskan sekitar 200.000 orang di seluruh dunia, berdasarkan data yang dikeluarkan CDC (The Centers for Disease Control and Prevention) di Amerika Serikat, pada Senin (12/2).

Minggu lalu, sepuluh anak meninggal dunia. Sehingga, jumlah total kematian akibat flu di Amerika Serikat mencapai 63 orang. CDC memperingatkan jika kematian akibat flu belum mencapai puncaknya, karena virus B dan H1N1 masih akan muncul.

Baca Lainnya: Wabah Flu H3N2 Renggut Nyawa 63 Bayi di Amerika

“Penyakit seperti influenza menjadi yang paling tinggi sejak flu babi pada 2009 lalu,” kata dr. Anne Schuchat, direktur CDC, dikutip dari Daily Mail.

Flu H3N2 terus mendominasi, padahal jarang terjadi pada anak-anak. Walau begitu, kedua virus ini sangat berbahaya. Dapat menyebabkan komplikasi mematikan, termasuk pneumonia dan sepsis. Sampai saat ini, virus ini masih melanda luas di 48 negara bagian, seperti Oregon dan Hawaii.

CDC tidak menghitung kematian orang dewasa, namun dr. Dan Jernigan, Direktur Divisi Influenza memprediksi jumlah kematian anak-anak mencapai 148 orang pada tahun 2014 lalu.

“Flu sangat sulit diprediksi. Kami terus memberikan rekomendasi agar semua masyarakat mendapatkan vaksinasi flu, walaupun jika Anda pernah mengidap penyakit ini,” jelas Jernigan.

Baca Lainnya: Mematikan, Ini Gejala Flu Australia

Vaksin flu efektif untuk mencegah H3N2. Di musim ini, ada dua virus flu yang beredar di Amerika Serikat, yakni flu Jepang dan Victoria.

“Beberapa perlindungan lebih baik daripada tidak sama sekali,” ucap Schuchat.

Ia merekomendasikan agar seseorang tetap tinggal di dalam rumah jika merasa sakit.

“Jangan lupa untuk mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman. Gejala ringan yang mungkin Anda tularkan bisa mematikan bagi orang lain,” jelasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: