Ilustrasi (Foto: Vitamin World )
Health & Beauty

Bukan Hanya untuk Perempuan, Ini 5 Manfaat hebat Yoga untuk Pria

By Ayu Setyowati
Apr 16, 2018

Trubus.id -- Yoga mungkin bukan olahraga kegemaran pria. Tapi begitu pria menyadari bahwa yoga punya banyak manfaat sehat seperti meningkatkan kekuatan, koordinasi dan kesehatan kardiovaskular, mereka pasti segera ingin berlama-lama berada di atas tikar yoga. 

Mengutip Jakarta Post, latihan yoga teratur akan mempertajam fokus mental dan menangkal racun dari tubuh. Ini juga meningkatkan fleksibilitas tubuh, mendukung kesiapan fisik untuk latihan lain, dan meningkatkan kinerja seksual!

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang lima manfaat yoga untuk pria. 

1. Memperluas rentang gerak

Pria memiliki otot tertentu yang merupakan target utama latihan di gym, seperti paha belakang, perut dan bahu. Namun, otot-otot ini hanya bisa dilatih hingga batas tertentu. Ketika mereka fokus pada latihan tertentu seperti angkat besi atau bench press, gerakan yang berulang dan monoton hanya memengaruhi kelompok otot tertentu. Dan dalam jangka panjang, ini akan menahan rentang gerak dan pertumbuhan otot.

Menurut ekhartyoga, yoga adalah cara untuk membangun otot. Ini menggunakan berat badan alami dan resistensi untuk membangun massa otot tanpa lemak, memperpanjang otot dan jaringan, yang meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lebih baik berarti lebih banyak oksigen ke otot, yang membantu mereka pulih lebih cepat sehingga mereka bisa tumbuh. Oleh karena itu bijaksana untuk bergantian antara latihan senam dengan yoga.

2. Meningkatkan pernapasan

Bernafas adalah tindakan tidak sadar sepanjang waktu, menyediakan oksigen yang diperlukan untuk tubuh kita. Secara alami, tubuh kita dirancang untuk bernapas melalui hidung dan kita perlu bernapas dengan cara yang benar.

Para ahli mengatakan bahwa kebanyakan orang bernapas pada 10-20 persen dari kapasitas penuh mereka. Cara bernafas yang buruk ini dapat berkontribusi pada banyak masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi hingga insomnia. Untungnya, ketika memulai yoga, seseorang akan terbiasa bernapas masuk dan keluar melalui hidung, mengambil nafas yang lebih dalam dan lebih dalam, yang menstimulasi paru-paru bawah untuk mendistribusikan oksigen dalam jumlah lebih besar ke seluruh tubuh.

Cara bernafas itu, yang dikenal sebagai pernapasan hidung yang tepat, mampu meningkatkan latihan karena meningkatkan energi dan vitalitas.

3. Menciptakan tubuh dan pikiran yang seimbang

Penting bagi otot-otot kita untuk seimbang sehingga mereka saling mendukung dengan setara. Sayangnya, tidak ada yang memiliki tubuh yang seimbang sempurna. Mindbodyonline membahas manfaat yoga untuk pelari, memberi contoh bahwa orang-orang tertentu dapat memiliki pinggul yang berbelok ke dalam saat berlari, yang menyebabkan masalah terkait hip. Orang lain mungkin salah melangkah, menyebabkan gerakan torsi di otot-otot mereka dan menghasilkan tarikan otot-otot di tulang kering.

Situs ini juga menulis bahwa tubuh kita mengimbangi ketidakseimbangan yang menyebabkan otot-otot yang kaku menjadi lebih ketat dan otot yang lemah menjadi lebih lemah lagi. Berlatih yoga membantu mengatasi masalah ini, karena membantu memperkuat dan meregangkan otot, dan karena itu meminimalkan cedera. Lebih lanjut, yoga melatih pikiran untuk fokus secara internal daripada secara eksternal, menciptakan pikiran yang seimbang juga.

4. Membantu relaksasi

Harus ada hari-hari tertentu di mana kamu harus beristirahat dari berolahraga tetapi harus tetap aktif. Yoga bisa menjadi jawabannya, karena membuat tubuhmu aktif tetapi rileks pada saat yang bersamaan. Ini juga membantu memulihkan otot, membuat kamu siap untuk sesi olahraga berikutnya.

5. Meningkatkan kehidupan seks

Pria yang berlatih yoga sangat sadar akan tubuh mereka dan memiliki tingkat kecemasan yang rendah. Yoga juga membantu meningkatkan aliran darah ke area genital. Menurut Ekhart Yoga, latihan ini juga membantu membersihkan tubuh dari racun yang memengaruhi kinerja seksual.

Men's Health melaporkan bahwa sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa pria yang berlatih yoga selama 12 minggu melaporkan peningkatan fungsi seksual secara keseluruhan - termasuk pada ukuran keinginan, kepuasan dengan seks dan orgasme. Manfaat ini kemungkinan karena kombinasi dari tonus otot panggul yang lebih baik dan peningkatan mood. [NN]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration