Bukan Cuma Kamu, Kucing Juga Bisa Jerawatan

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Mar 2018   20:45

Komentar
Bukan Cuma Kamu, Kucing Juga Bisa Jerawatan

Jerawat kucing (Foto: TheSpruce)

Trubus.id -- Ternyata, bukan hanya manusia saja yang berisiko terkena jerawat loh. Percaya atau tidak, hewan peliharaan seperti kucing juga bisa mendapatkannya.

Walaupun tidak berbahaya, jerawat kucing membutuhkan perawatan seumur hidup untuk menjaga agar peradangan tetap terkendali. Inilah yang perlu kamu ketahui soal jerawat kucing, langsung dari dokter hewan, seperti dilansir Reader’s Digest. 

Apa itu Jerawat Kucing?

Jerawat kucing, juga disebut jerawat dagu, sama seperti yang dialami manusia. Ini bisa muncul sebagai komedo kecil di dagu atau berkembang menjadi jerawat yang mungkin tidak menjadi whitehead atau pecah. Beberapa kucing tidak terpengaruh oleh jerawat, artinya tidak mengganggu mereka sama sekali atau menimbulkan rasa sakit, sementara yang lain menunjukkan tanda gatal atau ketidaknyamanan yang jelas. 

Tidak ada satu penyebab spesifik jerawat kucing. Namun, ini bisa dipicu oleh beberapa hal. Stres, mangkuk makanan yang kotor, alergi, atau kulit berminyak diketahui menyebabkan jerawat pada kucing. 

Baca Lainnya: Kucing Juga Bisa Kena Baby Blues Syndrome, Loh. 

Jenis Kucing yang Bisa Memiliki Jerawat 

Tidak ada jenis kucing tertentu yang cenderung mudah terkena jerawat. Lebih terlihat pada kucing tanpa rambut dan mereka yang memiliki bulu berwarna putih atau halus. Jerawat kucing harus didiagnosis oleh dokter hewan.

Banyak kucing yang memiliki masalah kulit dengan gejala yang sama. Penting bagi dokter hewan untuk menyingkirkan lebih banyak masalah serius sebelum meresepkan pengobatan atau memulai perawatan. 

Beberapa obat, jika digunakan secara tidak benar, dapat memperburuk kondisi kulit. Dan, beberapa masalah kulit adalah gejala proses penyakit yang lebih serius. Dokter hewan dapat melakukan tes yang berbeda, melihat kedua sel kulit dan kerja darah, untuk menentukan apakah ada sesuatu yang lebih serius untuk dikhawatirkan. 

Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat Kucing

Begitu dokter hewan telah mendiagnosis jerawat dagu pada kucing kamu, ada beberapa hal berbeda yang mungkin dia rekomendasikan untuk mengendalikan dan mencegah jerawat di lain waktu.

Mengganti mangkuk plastik dengan keramik atau stainless steel adalah yang paling sederhana. Mangkuk plastik memiliki permukaan berpori, tempat bakteri dan kotoran banyak tersembunyi. Setiap kali kucing makan atau minum, dia mengontaminasi kembali kulitnya. Mangkuk stainless dan keramik memiliki permukaan padat, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Baca Lainnya: 12 Kucing Hibrida Termahal di Dunia, Tertarik Pelihara? 

Dokter hewan juga akan merekomendasikan pembersihan harian pada area yang terinfeksi dengan sabun ringan dan air hangat atau larutan antimikroba seperti betadine atau chlorhexadine. 

Perhatian harus diberikan dengan menggunakan chlorhexadine di dekat mata karena dapat menyebabkan kerusakan mata yang parah. Untuk kasus yang lebih serius, antibiotik (oral, injeksi, atau topikal) atau kortikosteroid dapat digunakan sebagai tambahan pada perawatan lainnya.

Jika kamu menduga hewan peliharaanmu memiliki jerawat dagu, buatlah janji untuk menjalani pemeriksaan fisik dengan dokter hewan sebelum memulai perawatan. [DF]
 

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: