Rusa Vampire (Foto: InformOverload)
Pet & Animal

Bukan Bertanduk, ‘Rusa Vampir’ Ini Malah Bertaring

By Ayu Setyowati
May 16, 2018

Trubus.id -- Kebanyakan orang tidak akan menempatkan rusa dalam daftar binatang yang sangat ditakuti - tetapi di beberapa sudut dunia, ada rusa yang tampaknya memang mengancam. Itu karena mereka memiliki taring! 

Alih-alih menumbuhkan tanduk besar selama musim kawin seperti kebanyakan rusa, "rusa bertaring" jantan memamerkan taring besarnya, yang panjangnya melebihi garis rahang bawah mereka. Taring ini digunakan sebagai senjata selama perkelahian dengan rusa jantan atau predator lainnya.

Makhluk unik ini juga dikenal sebagai "rusa vampir" - namun yakinlah, mereka tidak akan bersembunyi di dalam bayangan mencari mangsa yang tidak curiga dalam waktu dekat. Sama seperti rusa lainnya, mereka adalah herbivora. Ya, bertaring namun bukan pemakan daging.

Baca Lainnya: Nyamuk Menggila, Warga Jayapura Wajib Tidur Pakai Kelambu Khusus  

Di Asia, ada berbagai macam spesies rusa bertaring, seperti rusa berumbai dari Cina Tenggara, atau muntjac, yang berkeliaran di India, Sri Lanka, Myanmar, Taiwan dan bahkan pegunungan Himalaya.

Mereka juga relatif kecil dan sangat pemalu - dan sayangnya, beberapa terancam punah.

(Foto: Daily Express)

Kancil, misalnya, biasanya diburu untuk kelenjar aroma mereka, yang digunakan untuk parfum dan obat tradisional Asia. Salah satu spesies, musang kijang Kashmir, diyakini telah punah sampai saat ini, ketika mereka terlihat di alam liar untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

Spesies lain, seperti rusa air Cina, juga rentan, meskipun prevalensi mereka di Inggris. Mereka pertama kali dikandangkan di Kebun Binatang London pada tahun 1873, tetapi sebuah kelompok melarikan diri pada tahun 1929 dan mulai mengisi pedesaan Inggris. Populasi mereka telah tumbuh dan sekarang menyumbang 10 persen dari jumlah rusa air dunia.

Baca Lainnya: Greater Glider, Si Tupai Terbang yang Hampir Punah

Jadi bagaimana hewan-hewan istimewa ini berakhir dengan taring, sementara rusa lainnya memiliki tanduk?

Diyakini bahwa, semula, semua rusa jantan memang memiliki tanduk dan taring. Tetapi ketika mereka berevolusi, spesies yang lebih besar tumbuh tanduk besar dan kehilangan taring mereka, sementara rusa kecil mempertahankan taring mereka dan hanya mengembangkan tanduk yang lebih kecil.

Tapi tanduk atau bukan, rusa bertanduk kecil ini memang terlihat menggemaskan, meski kadang terlihat sedikit menyeramkan. [NN]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration