Berendam Air Hangat Sama Efektifnya dengan Lari 30 Menit, Pilih Mana? 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
13 Mar 2018   18:00

Komentar
Berendam Air Hangat Sama Efektifnya dengan Lari 30 Menit, Pilih Mana? 

Berendam air hangat sama efektifnya membakar kalori dengan berjalan kaki 30 menit. (Foto: Sickchirpse)

Trubus.id -- Kabar baik bagi Trubus Mania yang mau kurus tapi olahraga. Para periset mengatakan bahwa, bersantai di tempat mandi air panas tanpa melakukan apa pun sama bermanfaatnya dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Sebuah kelompok di Universitas Loughborough telah melacak teori ini melalui 14 orang yang menjalani dua tes: satu jam naik sepeda dan mandi satu jam di air 104 derajat Fahrenheit (40 derajat Celcius).

Secara keseluruhan, bersepeda membakar lebih banyak kalori. Namun, para peneliti kemudian menemukan sesuatu yang agak mengejutkan. Bersantai di bak mandi panas membakar 130 kalori, yaitu jumlah yang dapat kamu bakar dengan setengah jam berjalan kaki.

Selain itu, beberapa temuan tambahan juga diumumkan dari penelitian ini. Gula darah semua peserta juga dilacak selama 24 jam setelah tes. Hasilnya, kadar gula darah puncak ialah 10 persen lebih rendah saat mandi, sebagai pengganti naik sepeda. Selain itu, mandi memiliki efek yang sama seperti olahraga dalam hal respon antiinflamasi pascaaktivitas untuk masing-masing peserta. 

Baca Lainnya: Jalan Kaki Tak Lagi Menyehatkan Jika Lingkungan Terpapar Polusi Udara

Studi tersebut menunjukkan bahwa pemanasan pasif, bersantai di bak mandi air panas selama satu jam dapat membantu mengurangi peradangan (inflamasi). Gagasan pemanasan pasif sebagai perawatan medis relatif baru, namun cukup populer di satu negara, khususnya Finlandia. 

Sebuah studi di jurnal JAMA Internal Medicine pada tahun 2015 menunjukkan bahwa, menghabiskan waktu di sauna dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular. Satu hal yang perlu diperhatikan, semua peserta penelitian adalah laki-laki.

Mengingat bahwa tubuh laki-laki dan perempuan dapat bekerja dengan cara yang berbeda secara drastis, mungkin ada beberapa variasi dalam hasilnya. Meski tidak dapat mengganti latihan dalam sehari, berendam di bak mandi hangat berdampak baik untuk kesehatan mental seseorang. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

5 Hal Ini yang Membuat Oat Milk Kian Digemari

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          

Berat Badan Tak Juga Turun, Coba Diet Jamur

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: