Ttak ada gunanya mengoleskan pasta gigi ke jerawat karena bisa menimbulkan lebih banyak masalah. (Foto: Istimewa)
Health & Beauty

Awas, Ini Bahayanya Obati Jerawat dengan Odol

By Ayu Setyowati
Jun 14, 2018

Trubus.id -- Setiap orang punya cara sendiri mengatasi jerawat membandel. Ada satu cara yang sering dianggap manjur sejak masa lampau, yaitu mengoleskan pasta gigi di atas jerawat. Namun, benarkah pasta gigi bisa mengobati jerawat?

Kenyataannya, para ahli kulit mengungkapkan bahwa tak ada gunanya mengoleskan pasta gigi ke jerawat. Buruknya, hal ini justru bisa menimbulkan lebih banyak masalah, loh. 

"Tidak jelas mengapa dan kapan mitos ini mulai merebak. Mungkin, ini terjadi karena banyak orang depresi untuk mencari cara menghilangkan jerawat yang matang, merah, dan menyakitkan," kata Libby Rhee, dermatologis di New York dikutip dari Weel and Good.

Baca Lainnya: Charcoal dan Sulfur, Kandungan Skincare yang Ampuh Atasi Jerawat

Sesuai namanya, pasta gigi diperuntukkan untuk gigi. Bukan untuk kulit yang memiliki kebutuhan berbeda. 

"Pasta gigi mencegah gigi berlubang, menjaga gigi tetap putih berkilau sekaligus membantu mempertahankan kebersihan mulut. Tak pernah menjadi alat dua fungsi, untuk membersihkan gigi dan penghilang jerawat."

Baca Lainnya: 3 Beauty Hacks yang Berbahaya untuk Obati Jerawat

Menambahkan pasta gigi di jerawat dianggap akan menyebabkan banyak hal buruk. 

"Pasta gigi di kulit mungkin akan memberikan Anda rasa sejuk dan menenangkan. Tapi, berpotensi menyebabkan peningkatan iritasi, kemerahan, ataupun dermatitis. Semuanya akan memperburuk kondisi daripada mengobati jerawat," kata Rhee.

Untuk mengobati peradangan, ia menyarankan untuk melakukan cara sederhana seperti meletakkan es batu di kulit yang berjerawat. [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration