Air Kelapa Mampu Gantikan Cairan yang Hilang Selama Puasa

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
15 Mei 2018   12:32

Komentar
Air Kelapa Mampu Gantikan Cairan yang Hilang Selama Puasa

Air kelapa (Well-being Secre)

Trubus.id -- Kalalu lagi puasa, pasti sering terbayang minuman-minuman dingin yang segar, bukan? Air kelapa salah satunya. Air kelapa memang bisa memberi kesegaran sekaligus punya rasa yang nikmat jika diminum. Di balik kenikmatan tersebut, air kelapa ternyata juga tinggi akan serat dan kaya mineral serta punya banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satu manfaatnya adalah bisa menggantikan cairan tubuh secara alami yang hilang setelah beraktivitas. Misalnya setelah berolahraga atau setelah berpuasa seharian. Sebab, komposisinya serupa dengan cairan tubuh manusia. Selain itu, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh.

Baca Lainnya: Jelang Ramadan, di Jembrana, Ayam Kampung Hilang dari Peredaran

Mengutip detikHealth, banyak jurnal kesehatan yang menyimpulkan bahwa setelah berolahraga dianjurkan untuk meminum air kelapa karena manfaat kesehatannya. Maka tidak heran jika air kelapa menjadi pilihan banyak atlet dibandingkan dengan minuman berenergi lainnya.

Air kelapa juga mengandung lebih sedikit kalori dan natrium serta lebih banyak mengandung potasium. Menurut Lillian Cheung, Dsc, RD dari Harvard School of Public Health, air kelapa menjadi salah satu pilihan minuman rendah gula terbaik dibandingkan soda atau jus buah kemasan.

Sementara itu, ahli gizi olahraga Nancy Clark mengungkapkan dibandingkan dengan air putih biasa, air kelapa lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga proses penggantian cairan tubuh yang hilang bisa lebih cepat.

Baca Lainnya: Cegah Peredaran Daging Gelonggongan Saat Ramadan, Pemkab Sukoharjo Tingkatkan Pengawasan

"Minuman olahraga, air kelapa, ataupun air putih sebenarnya mampu menghidrasi tubuh. Hanya saja air kelapa mengandung karbohidrat yang dapat diserap tubuh dengan lebih cepat. Ini diperlukan ketika seseorang berolahraga keras selama lebih dari tiga jam dalam cuaca panas," kata Clark dikutip dari Web MD.

Air kelapa juga punya manfaat lain. Misalnya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan karena mengandung enzim. Air kelapa juga mengandung sitokinin yang dapat membantu mencegah penuaan karena bisa menghidrasi kulit sehingga lebih kencang dan berseri.

Meskipun memiliki konsentrasi karbohidrat yang sangat rendah, air kelapa tetap bisa membuat kenyang. Dengan kata lain, rutin minum air kelapa juga dapat membantu menurunkan berat badan, loh. Pasalnya, metabolisme yang terkandung dalam air kelapa ternyata bisa membakar lemak lebih banyak. Oke, kan? Jangan lupa siapkan air kelapa untuk menu buka puasa nanti, ya.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: