Sebagai negara maju, ada banyak peraturan di Swiss. Tidak sekadar untuk warga negaranya, tapi juga peraturan dan undang-undang terkait memelihara anjing. (Foto: Istimewa)
Pet & Animal

7 Kiat Praktis Pelihara Anjing di Swiss yang Wajib Kalian Tahu

By Diah
Jun 12, 2018

Trubus.id -- Sebagai negara maju, ada banyak peraturan di Swiss. Tidak sekadar untuk warga negaranya, tapi juga peraturan dan undang-undang terkait memelihara anjing. Berikut 7 kiat praktis memelihara anjing di negara yang terkenal dengan cokelat. Jika Trubus Mania sudah tahu peraturan ini, dijamin memelihara anjing akan berjalan dengan mudah.

1. Setiap Anjing Harus Punya Paspor Swiss

Yup, setiap anjing yang dipelihara di Swiss, harus memiliki paspor atau kartu identitas. Dilengkapi dengan foto, informasi tentang microchip dan deskripsi tentang anjing tersebut. Semua vaksinasi anjing juga akan ditandai di sana.

Foto: Newly Swissed.

2. Anjing Harus Sekolah

Sampai saat ini, Undang-Undang Federal Swiss mengharuskan semua anjing menjalani sekolah wajib. Anak anjing harus mengikuti empat pelajaran, dilanjutkan dengan 10 pelajaran lainnya jika usia mereka sudah beranjak dewasa. Bahkan terkadang, anjing dewasa diminta untuk menghadiri 20 mata pelajaran. Sejak tahun 2017, peraturan ini tergantung kanton di mana seseorang tinggal. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada komune atau kepolisian setempat untuk mencari tahu peraturannya.

Baca Lainnya: Hercules, Anjing Pekerja di Bandara yang Dibayar Rp 100 Juta

3. Wajib Punya Asuransi

Orang Swiss memiliki kecenderungan untuk mendapatkan jaminan tinggi lantaran mereka membayar pajak yang tidak sedikit. Jika seseorang berniat untuk memelihara anjing, wajib punya asuransi bagi hewan peliharaannya itu. Jenis asuransi ini mencakup insiden di tempat umum yang disebabkan oleh anjing Anda.

Selain itu, memberikan bukti tentang asuransi anjing bisa memudahkan pemiliknya menyewa apartemen baru. Walaupun tidak harus, perlu dipertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun, semua itu tergantung pada jenis dan status kesehatan anjing. Well, merupakan investasi bagus di kemudian hari. Namun, sulit untuk mengasuransikan anjing yang berumur lebih dari 7 tahun.

4. Harus Terdaftar di Komune Lokal

Tidak peduli Anda mengimpor anjing dari luar negeri atau membelinya di Swiss, kalian harus mendaftarkan hewan tersebut di Kreisbüro atau Gemeinde lokal. Pemerintah Swiss menerapkan pajak anjing yang tidak sedikit. Untuk anjing kecil, pajaknya berkisar 160 Swiss Franc (CHF) atau sekitar Rp2,3 juta. Pemilik anjing juga harus membayar pajak impor jika membelinya dari luar negeri.

Baca Lainnya: Tersesat, 1000 Orang dan Satu Helikopter Mencari Anjing Istimewa Ini

5. Hindari Denda saat Mengajak Anjing Jalan-jalan

Seseorang yang membawa hewan peliharaannya ke tempat umum, harus mengikatnya dengan tali. Jika membawanya tanpa tali, siap-siap saja bakalan kena denda. Beberapa kanton seperti Basel, Lugano atau Schwyz, memiliki peraturan ketat terkait denda ini. Paling sedikit, seseorang bisa didenda 30 CHF atau sekitar Rp425 ribu.

Ada banyak jalan yang tidak boleh dilalui anjing, misalnya taman bermain atau zona anak. Jika tertangkap berjalan di sana dengan anjing, Trubus Mania bisa didenda berat loh. Tidak itu saja, pemilik harus membersihkan kotoran anjing dan membuangnya di tempat yang telah disediakan, jika tiidak mau didenda.

Jangan lupa memungut dan membuang kotoran anjing peliharaan kalian ke tempat yang sudah disediakan jika tidak ingin didenda (Foto: Trubus.id/ Diah Fauziah).

6. Harus Bayar Tiket Kendaraan Umum

Jika membawa anjing jalan-jalan dengan kereta api atau bus, si empunya harus membayar tiket tambahan untuk hewan peliharaanya. Anjing berukuran kecil dianggap anak kecil, karena itu, kalian harus membeli tiket untuk anak kecil. Atau, bayar 805 CHF (setara dengan Rp11,4 juta) untuk tiket perjalanan selama setahun, berlaku di seluruh Swiss.

7. Bagian dari Keluarga

Di Swiss, sangat mudah membawa anjing peliharaan ke dalam restoran, bioskop, atau hiking. Selama tahu bagaimana cara menjaga anjing tersebut, semua akan baik-baik saja. Di Swiss, anjing merupakan bagian dari keluarga. Tidak ada perbedaan berbeda dengan anggota keluarga pemilik anjing tersebut. [DF] 

 

 

 

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration