Ilustrasi: Ikan merupakan sumber protein yang dapat diandalkan tubuh. (Foto: Pixabay/ falco)
Health & Beauty

​7 Jenis Ikan dengan Kandungan Protein Terbanyak

By
Aug 09, 2017

Trubus.id -- Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, lemak, dan mineral. Ikan merupakan sumber protein yang dapat diandalkan, mengandung 15 hingga 25 persen, tergantung jenis ikan dan bentuk pengolahan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki 8.000 jenis ikan air tawar dan laut. Baru sebagian jenis ikan yang sudah teridentifikasi kandungan nilai gizinya. Dirangkum dari buku “Kandungan Gizi Ikan” terbitan Penebar Swadaya, inilah 7 jenis ikan yang memiliki kandungan protein terbanyak.

1. Kerapu Lumpur

Ikan dengan nama ilmiah Epinephelus tauvania memiliki kandungan protein sebanyak 26,41 persen. Merupakan jenis ikan karnivora yang hidup di sekitar terumbu karang. Beragam olahan hasil laut yang menggunakan daging ikan kerapu sangat digemari konsumen. Biasanya, ikan ini diolah sebagai menu seafood dengan cara dibakar.

2. Cakalang

Katsuwonus pelamis mengandung protein 23,48 persen. Di Indonesia, ikan ini mudah ditemui di perairan antar pulau yang menjadi pertemuan antar arus. Di Manado dan Maluku, ikan ini diawetkan dengan cara pengasapan sementara masyarakat Jepang menggunakannya untuk membuat katsuobushi, bahan utama dashi (kaldu ikan). Cakalang merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan omega-3.

3. Jangilus

Daerah penyebaran ikan dengan nama ilmiah Istiophorus gladius meliputi Selat Bali, Pelabuhan Ratu, Selat Makasar, Laut Sulawesi, Laut Maluku. Dengan kandungan protein sebanyak 23,4 persen, ikan ini memiliki tekstur daging yang renyah. Untuk pengolahannya, lebih enak dibakar loh!

4. Bandeng

Chanos chanos tergolong ikan yang gampang ditemukan pasaran. Walaupun memiliki duri nan keras dan tajam, bandeng memiliki kandungan protein sebanyak 22,84 persen. Jika diolah dengan benar, Bandeng bisa menguruskan berat badan loh. Ini dikarenakan ikan ini mampu mengontrol pertumbuhan sel.

6. Layang

Mengandung 22,2 persen protein, Decapterus sp dapat mendorong pertumbuhan membran sel manusia. Asam amino esensial yang ada di Ikan Layang bisa memicu aktifnya hormon yang dapat mencegah maag, pengeroposan gigi dan osteoporosis, dan menurunkan risiko kanker.

5. Kembung

Dengan kandungan protein 22,01 persen, ikan yang memiliki nama Rastrelliger sp ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Penderita reumatik dapat mengonsumsi ikan kembung serta sayuran hijau serta buah-buahan kaya vitamin C dan D.

7. Selar

Dibandingkan ikan tawar, kandungan ikan laut memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi. Tidak heran jika ikan dengan nama ilmiah Selaroides leptolepisini punya 21,47 persen protein. [DF]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration