7 Fakta Burung Hantu yang Tidak Pernah Kamu Tahu

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
13 Feb 2018   06:30

Komentar
7 Fakta Burung Hantu yang Tidak Pernah Kamu Tahu

Burung hantu. (Foto: ThoughtCo)

Trubus.id -- Penggemar cerita fiksi Harry Potter pasti sudah tidak asing lagi dengan Hedwig, burung hantu milik Harry, penyihir ternama di Hogwart. Tapi, apa yang kalian tahu tentang burung yang masuk ordo Strigiformes ini?

Sebagai hewan nokturnal yang hidup di malam hari, burung hantu merupakan karnivora, pemakan daging. Hingga saat ini, ada 222 jenis burung hantu yang sudah diketahui, menyebar di seluruh dunia, kecuali Antartika.

Dikutip dari Live Science, berikut 7 fakta burung hantu yang harus Trubus Mania ketahui.

Bisa Berenang

“Jika mengejar sesuatu di air, tidak sengaja burung hantu masuk ke dalam air. Terkadang, dengan mudahnya mereka berenang di pantai daripada terbang dengan bulu yang basah,” kata Julia Ponder, Direktur Eksekutif Pusat Raptor di University of Minnesota.

Tidak Semua Burung Hantu Keluar di Malam Hari

Burung hantu abu-abu besar, Strix nebulosa.

Terkenal sebagai hewan malam hari, siapa mengira jika ada burung hantu yang tidak keluar saat matahari telah tenggelam. Ada beberapa burung hantu yang diurnal, berburu di siang hari, seperti burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa), burung hantu elang utara (Surnia ulula), dan burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma).

“Mungkin, burung hantu tersebut merupakan pemburu di siang hari karena mangsa mereka, yakni burung penyanyi atau mamalia kecil, juga diurnal,” kata Marc Devokaitis spesialis informasi public di Cornell Lab of Ornithology di Ithaca, New York, Amerika Serikat.

Punahnya Burung Hantu Terbesar

Ornimegalony, burung hantu raksasa asal Kuba yang sudah punah. Kalau Trubus Mania mau melihat bentuknya, datang saja ke American Museum of Natural History’s. Asal kalian tahu, para peneliti tidak yakin apakah burung setinggi 1,1 meter itu bisa terbang. Namun, kakinya yang kuat dan panjang menunjukkan bahwa mereka adalah pelari yang kuat dan cepat.

Membantu Perdamaian di Timur Tengah

Tyto alba, burung hantu yang membawa perdamaian di Timur Tengah.

Burung hantu raksasa, Tyto alba membawa perdamaian di Timur Tengah. Setidaknya, mereka mempertemukan ilmuwan dan petani di kedua belah pihak untuk berbicara dan berdamai.

Para petani di Israel, Yordania, dan Palestina bekerjasama memasang kotak-kotak agar burung ini bisa bersarang. Itu karena, burung hantu ini merupakan pemangsa dan penangkap tikus, hama yang mengganggu para petani. Hingga saat ini, kolaborasi masih terus berlanjut. Sebuah program antara Israel dan Siprus sudah mulai berjalan.

Punya Mata Palsu

Beberapa burung hantu memiliki mata palsu untuk kamuflase. Burung hantu kerdil utara memiliki mata kuning cerah di wajah dan bulu hitam di bagian belakang kepalanya.

“Mata palsu itu bisa memperlambat atau menghalangi predator yang datang dari belakang. Predator tidak suka menyerang mangsa yang melihat mereka,” kata McGowan, peneliti.

Tidak Tahan Air

Jika kalian memperhatikan dengan seksama, burung hantu jarang berburu saat hujan.

“Mereka telah melepaskan minyak yang ditemukan di bulu-bulunya, yang melindungi burung lain dari hujan. Mereka punya bulu halus dan lembut, memungkinkannya untuk berburu secara diam-diam. Namun, bulu halus menyerap banyak air,” kata Leigh Salvez di buku “The Hidden Live of Owls”.

Mampu Terbang Jauh

Burung hantu bersalju, Bubo scandiacus, tinggal di Arktik, kawasan di Kutub Utara. Tapi, seringkali kawanan burung ini terbang ke selatan. Pada musim dingin tahun 2013 hingga 2014, burung hantu bersalju melakukan perjalanan ke selatan Florida dan Bermuda, menurut Project SNOWStorm, yang mempelajari dan melacak burung hantu bersalju. [DF] 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Sapi Bantu Rehabilitasi Tahanan di Swedia

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: